1,3 jt Per Hari dengan Adsense, 90% Berhasil

Mari Berbagi

Ngomongin Adsense di hari gini bisa ada yg bilang ketinggalan jaman, tapi jangan bergeming karena bisnis ini sudah terbukti puluhan tahun berjaya dan tidak ada tanda-tanda akan surut. Beberapa perubahan terjadi namun para pemain adsense terus bertambah dan tiak mengurangi pendapatan para pemain lama karena klien pemasang iklan juga bertambah dengan cepat seiring perubahan bisnis dari konvensional ke digital.

Nah, jadi anda jangan khawatir untuk gagal di adsense karena satu-satunya yg bisa menggagalkan anda di bisnis ini adalah keputusan diri anda sendiri untuk berhenti belajar, berhenti mencoba dan berhenti berusaha. Nah buat penyemangat, berikut screenshoot pendapatan adsense yang belum termasuk pemain besar.

Pencapaian 1.3 juta per hari dari adsense bukan lah hal yang luar biasa, namun tidak semudah itu anda mendapatkan uang dari adsense. Perlu tekad yang kuat, kemauan belajar dan tidak berhenti mencoba karena bisnis digital semacam ini sering berubah-ubah caranya walaupun secara konsep sama saja.

Saat ini kita semakin mantap untuk memilih Google AdSense sebagai mesin pendulang dolar. Namun, kita masih belum tahu bagaimana caranya untuk bergabung dengan Google AdSense. Nah, hal-hal apa sajakah yang harus kita persiapkan sebelum mendaftar Google AdSense?

Secara umum, ada tiga langkah yang harus kita lakukan, yaitu:
(1) menentukan tema/keyword/niche,
(2) mendaftar domain serta hosting, dan
(3) membuat content.
Setelah itu kita baru bisa mendaftar AdSense.

Berikut ini adalah langkah-langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memulai AdSense. Saran saya, agar Anda lebih mudah memahami langkah-langkah tersebut, Anda sebaiknya sudah terhubung dengan Internet pada saat membaca buku ini.

Menentukan Tema/Niche

Tema/Niche adalah hal paling krusial jika Anda ingin menggunakan AdSense sebagai media pencari uang. Mengapa demikian? Karena AdSense hanya akan memunculkan iklan sesuai dengan content atau tema yang ada pada halaman web. Jadi, jika web Anda berisi tentang scholarship, maka iklan AdSense yang muncul di web Anda pun akan berhubungan dengan scholarship. Apakah Anda masih ingat kalau Google loves content?

Nah, oleh karena itu, Anda sebaiknya menulis content berdasarkan tema yang benar-benar Anda pahami. Misal, jika Anda paham sekali tentang marketing online, maka tidak ada salahnya web Anda berisi tentang `marketing online’.

Namun, bagaimana dengan seseorang yang tidak memiliki keahlian khusus? Jangan khawatir, Anda juga masih berkesempatan bergabung dengan AdSense. Anda bisa membuat web yang berisi direktori-direktori dengan tema tertentu. Salah satu contoh web dengan direktori yang isinya berupa link ke alamat-alamat penyedia layanan beasiswa adalah beasiswa-id.net/direktori/.

Intinya, agar Anda bisa meraup dolar yang banyak, Anda harus pintar-pintar mencari tema atau keyword yang banyak diklik pengunjung Internet. Untuk mengetahui seberapa banyak kemungkinan keyword tersebut untuk diklik atau rata-rata pay per click dari keyword atau tema yang dipilih, kita bisa menggunakan software yang bisa didownload di alamat-alamat berikut.

Masih banyak lagi tool pemrosesan keyword di luar sana, ini hanya sebagian kecil sebagai contoh saja. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan wordtracker untuk mencari keyword banking, maka Anda mempunyai kesempatan untuk mendapat $2.2 dari setiap iklan yang di-klik oleh pengunjung web atau blog (rata-rata pay per click untuk ‘banking’ adalah $2.2). Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software Good Keyword dan PPC Toolkit yang bisa di-download gratis melalui http://www.softnik.com. Namun, jika Anda ingin yang lebih profesional, Anda bisa menggunakan Keyword Expander seharga $19 (versi demonya bisa di-download melalui latshawsystems.com/downloads/KeywordExpander.zip. Nah, sekarang Anda tinggal memilih tema apa yang akan ditulis di web atau blog Anda. Anda bisa menulis tema atau keyword yang menjual berdasarkan ke-pakar-an yang Anda miliki atau berdasar mahal-tidaknya pay per click.

Bahasan Mendalam di:  Cara SEO untuk bisnis Online

• www.digitalpoint.com/tools/suggestion
• neilpatel.com/ubersuggest/
• www.softnik.com
• www.Wordtracker.com

Saran saya, Anda lebih baik membuat tema menjual yang Anda sendiri juga benar-benar memahami tema tersebut. Jika sudah siap dengan tema tersebut, mulailah Anda tulis pada secarik kertas niche apa yang akan anda gunakan.

Memillh Domain & Mendaftar Hosting

Setelah Anda siap dengan tema, belilah domain untuk tema tersebut. Pilih nama domain sesuai dengan tema atau keyword yang telah Anda tentukan. Untuk mengecek apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia, gunakan alamat www.whois.net. Sebenarnyn Anda bisa saja menggunakan layanan free domain seperti www.50webs.com, tetapi sangat disarankan untuk membeli domain sendiri dengan beberapa pertimbangan berikut:

  1. Lebih mudah diingat.
    Domain gratisan selalu menyertakan alamat asalnya sehingga alamat URL yang muncul akan panjang. Domain dengan alamat www.mydomain.com tentu akan lebih mudah diingat daripada domain gratisan yang biasanya memiliki alamat www.my-domain.mydomain.com atau www.mydomain.com/mydomain.
  2. Lebih profesional.
    Memiliki domain ibarat memiliki toko. Memilih domain gratisan ibarat memiliki warung yang hanya ‘numpang’ di sebelah toko.

Nah, jika Anda memilih domain berbayar, ada banyak penyedia domain dan hosting yang bisa Anda pilih. Untuk Indonesia, salah satunya Anda bisa menggunakan paket dari archive.org/web/. Saat ini, domain berbayar relatif murah. Anda paling tidak mengeluarkan uang sekitar Rp100.000 untuk membeli domain ditambah sewa hosting Rp1.000 per bulan. Uang sebanyak ini anggap saja modal bisnis Anda yang jika rugi pun nantinya tidak akan membuat cash flow Anda terganggu. Namun, saya optimis, jika Anda melakukan langkah-langkah yang kita bahas disini, bisa-bisa Anda akan ketagihan membeli banyak domain untuk AdSense

Think about this: saat ini, tarif Google AdWords minimal adalah $0,05. Bagaimana jika domain Anda memiliki keyword dengan harga katakanlah $5 per klik! Atau bagaimana jika Anda tidak membeli domain, tetapi memakai domain gratisan? Satu hal lagi: tidak diperlukan uang untuk memiliki atau mendaftar AdSense. Anda bisa melakukanya dengan gratis.

Bahasan Mendalam di:  FAQ Tentang Adsense

Let’s do it! Pilih 2 nama dan alamat domain gratis di www.50webs.com dan pilih 2 nama dan alamat domain berbayar.

Setelah menentukan tema dan memiliki domain, Anda tentu harus mengisi content sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya. Berita buruknya adalah sangat dianjurkan untuk membuat content dengan bahasa inggris. Content dengan bahasa Inggris memiliki probabilitas lebih besar dan lebih aman untuk disetujui AdSense.

Namun jangan khawatir jika anda tidak bisa berbahasa inggris karena konten berbahasa Indonesia juga telah diterima oleh adsense sekarang ini. Namun biasanya cpc nya memang sedikit lebih kecil dari yg berbahasa Inggris, tapi jangan khawatir, tinggar perbanyak visitor saja tentu bisa meningkatkan pendapatan.

Tetapi jika anda tetap ingin yang terbaik ya harus pilih yang berbahasa inggris. Lalu, bagaimana jika kita tidak memiliki materi tema dalam bahasa inggris? Don’t worry, be happy, karena berita baiknya adalah Internet kaya akan sumber content yang tidak akan pernah habis. Carilah artikel-artikel di Intemet berkaitan dengan tema yang dibuat sebagai bahan rujukan. Berikut ini alamat-alamat yang bisa dijadikan bahan referensi untuk blog Anda.

• www.articlecity.com
• www.ezinearticles.com
• www.dotcomwomen.com
• www.fripp.com/articleslist.htm
• www.gutenberg.org.
• www.goarticles.com
• www.wikipedia.org
• www.freshcontent.net

Dari artikel yang ada dalam web di atas, Anda bisa saja memasukkan artikel dari penulis-penulis tersebut ke halaman web Anda. Namun, tentu saja Anda harus menyebutkan sumber atau nama pengarangnya. Anda pasti tidak ingin disebut sebagai plagiator, bukan?
Nah, berita baiknya lagi, jika Anda memiliki dana berlebih dan tidak mau berpusing-pusing dengan content, Anda juga bisa mencari penulis content di www.upwork.com.

Alternatif lain, di Internet sudah tersedia berbagai macam program pembuat content. Selain ‘manual’, tersedia juga program pembuat content secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi memikirkan content. Anda cukup memasukkan beberapa keyword pada program tersebut, maka akan muncul artikel atau content yang sesuai dengan keyword tersebut. Beberapa program pembuat content yang bisa Anda pakai di antaranya: AdSense Page Generator. Dengan program ini Anda tinggal memasukkan beberapa keyword yang dipakai, maka artikel akan jadi dengan sendirinya. Program ini bisa Anda beli di www.bmyers.com dengan harga US$ 9.95. Namun, jika Anda masih ragu, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan versi demonya yang bisa didownload melalui http://www.bmyers.com.

Nah, jika Anda tertarik dengan artikel-artikel di GoArticles, Anda juga bisa membelinya melalui https://www.goarticles.info/. Namun, selalu ada promo dan trial secara gratis dalam waktu tertentu untuk ada coba dan pastikan berguna. Saya menyarankan untuk ambil versi trialnya, jika masih kurang puas, bikin email baru dan ambil trial lagi sampai anda mendapatkan pendapatan dari adsense dan bisa anda gunakan untuk membayar.

Bahasan Mendalam di:  Cara Optimasi Adsense agar Penghasilan Naik Tajam Cepat dan Aman

Nah, jika Anda belum terbiasa menulis tapi sudah menemukan sumber rujukan yang cocok, segeralah membuat content dengan beberapa sub content karena Google loves content. Misal, jika ingin membuat content dengan tema ‘affiliate business’ maka Anda bisa membuat sub content yang berisi definisi, jenis-jenis afiliasi, sumber-sumber bisnis afiliasi, dan sebagainya.

Carilah sumber rujukan tentang definisi, jenis-jenis afiliasi, dan sumber-sumber bisnis afiliasi lalu simpan dalam folder tersendiri di komputer Anda. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan rujukan content Anda. Cara ini akan mempermudah Anda membuat content.

Satu hal terpenting dalam membuat content adalah bagaimana caranya agar pengunjung web Anda selalu tertarik untuk kembali mengunjungi halaman web Anda. Oleh karena itu, updatelah selalu content Anda dan pilihlah tema yang bagus agar menjadi ‘bahan rujukan utama’ bagi pengunjung yang membutuhkan informasi tersebut. Tabel di bawah ini akan membantu Anda dalam membuat content. Tulislah tema/keyword yang dipilih beserta sumber rujukannya sebagai bahan content Anda.

Kalau sebelumnya anda sudah menuliskan niche/tema apa yang akan anda buat di blog/web anda, sekarang saatnya anda membuat daftar rujukan atau sumber informasi untuk web anda. Tuliskan pada kertas yang sama minimal 10 website sebagai rujukan informasi web anda nantinya.

Setelah content siap, carilah template untuk menempatkan content tersebut. Anda bisa menggunakan search engine untuk mencari template dengan menuliskan `free template‘ atau menggunakan template yang ada pada situs ini. Kami sudah memilihkan template atau wp theme terbaik yang gratis dan sudah terbukti dicintai adsense.

Sebagai catatan, langkah pembuatan content ini tidak harus dilakukan jika Anda menggunakan content script yang ‘tinggal pakai’. Sebagai misal, jika Anda ingin membuat situs yang berisi kumpulan link iklan atau advertising directory, maka Anda tidak perlu bersusah-payah mencari artikel atau content karena content Anda akan berisi direktori iklan dari webmaster lain.

Untuk mencari content script tinggal pakai, Anda bisa mencari banyak sumber di hotscripts.com. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah directory script fileshome yang di-download dari www.fileshome.com. Jika Anda memakai script ini, maka situs Anda akan berisi direktori script dari berbagai sumber yang bisa diisi baik oleh pengunjung maupun Anda sendiri. Script ini bahkan sudah berisi kode AdSense. Anda tinggal menggantinya dengan kode milik Anda.

Untuk Script CMS terbaik dan paling banyak diakai di seluruh dunia adalah wordpress yang bisa anda dapatkan gratis di wordpress.org, saya menyarankan anda memulai bisnis adsense dengan wordpress karena kemudahan dan banyaknya support di internet.

Kedua script ini adalah contoh di mana Anda tidak perlu mengisi content karena content akan diisi oleh pengunjung yang berminat. Saran saya, jika Anda ingin memakai script ini, gunakan saja setelah memiliki account AdSense.


Mari Berbagi