3 Hosting Terbaik untuk Bisnis Online

Salah satu komponen vital dari website adalah hosting. Secara visual kita tidak melihat keberadaan hosting, padahal benda ini yang menyimpan semua file-file yang tertampil di layar gadget atau pc kita. Tanpa hosting jangan harap ada website.

Hosting menjadi vital karena performa sebuah website sangat tergantung pada hostingnya. Saya sendiri mengukur dari 3 hal yaitu uptime, loading time (atau sering disebut fast load) dan harga tentunya. Dan setelah mencoba berkali-kali pindah hosting maka saya menyarankan 3 hosting berikut sangat pantas digunakan untuk membangun bisnis dengan media web.

Sayangnya dari 3 tersebut tidak satupun yang merupakan hosting local, padahal sering disebut di forum2 dan postingan bahwa hosting yang dekat akan mempercepat loading time, buat saya ternyata tidak. Hosting yang berkualitas yang berlokasi di UK atau US akan memiliki loading time yang jauh lebih bagus daripada hosting yang berlokasi di Singapore atau di Indonesia sekalipun.

Bukan berarti saya tidak nasionalis ya, tetapi ini murni tentang pertimbangan bisnis. Dan tulisan ini adalah sharing atas pengalaman pribadi. Dan karena itulah, saya tidak membagi pengalaman buruk menggunakan hosting Indonesia, Singapura atau UK dan US yang mengecewakan. Namun membahas 3 hosting yang bagus sesuai urutan kebagusannya.

  1. BlueHost

 Di peringkat pertama saya menaruh bluehost sebagai hosting terbaik, saya menggunakan bluehost hamper 5 tahun sampai suatu saat saya tidak bosa membagi kesibukan offline dan online maka saya mengambil jeda stop bisnis online sekitar 1 tahunan.

Bluehost adalah perusahaan hosting teratas karena uptime yang luar biasa dan fast load history selama 16 bulan terakhir mereka luar biasa – masing-masing 99,99% dan 406ms.

Harga sewa selama 3 tahun mereka adalah $ 2,75 / bln dan itu sudah termasuk dengan fitur-fitur seperti domain gratis, web builder dan softacoulous untuk WordPress, Joomla, dan Drupal. Jadi sebagai pemula (seseorang yg sedang belajar web), ini mungkin pilihan terbaik. Mereka juga memberikan jaminan uang kembali 30 hari.

Panel admin built-in yg dilengkapi dengan cPanel sehingga membuat pengaturan dan pengelolaan situs web menjadi sederhana dan mudah.

Sementara bandwidth mereka tidak diukur, penyimpanan maksimum bervariasi dari 50GB hingga tidak terbatas – tergantung paket mana yang Anda pilih. Kami merekomendasikan untuk mendapatkan paket perdana dengan nilai terbaik untuk pemula. Perlu dijadikan pertimbangan bahwa unmetered bandwith tidaklah unlimited bandiwth, dia tetap dibatasi sekitar 30rb pengunjung per hari.

Sertifikat SSL (HTTPS: //) disertakan secara gratis di semua paket serta diberikan 1 buah akun email. Anda juga bisa meminta bantuan untuk mentransfer situs web Anda ke lingkungan hosting mereka, tetapi permintaan ini akan dikenakan biaya $ 149 per situs web. Saya kira masih lebih mudah menggunakan plusin migrasi untuk pengguna wp.

2. Hostgator

Hosting buaya ini lebih tua dari umur saya belajar web, dari pertama kali saya pakai blogspot, hostgator sudah ada dan sampai sekarang berhasil mempertahankan dirinya sebagai penyedia hosting papan atas meskipun jumpah competitor web hosting sudah tak terkira lagi banyaknya.

Hosting buaya alias hostgator ini terkenal fastload dan sangat mudah digunakan karena masih mempertahankan cpanel, phpmyadmin dan mysql dashboard. Jadi bagi yang suka membangun web di local computer menggunakan xampp atau sejenisnya maka akan lebih mudah migrasi karena bisa menggunakan menu dan tools serupa.

HostGator hosting menawarkan kepada para penggunanya bandwidth tak terbatas, ruang penyimpanan, dan akun email. Perlu digarisbawahi sekali lagi bahwa tidak ada ayng benar2 tak terbatas ya, namun untuk web kecil dan menengah atau sampai pengunjung 20rb-an saya kira tidak aka nada masalah. Silakan bercakap-cakap dengan supportnya terkait hal ini.

Statistik kinerja 16 bulan terakhir mereka sama sekali tidak buruk, loading time 432 ms, dan uptime 99,98%. Ini adalah salah satu host tercepat yang bisa dipunyai dengan harga 3 dolar-an dan server mereka sempurna untuk situs web WordPress.

Selain itu, mereka memberikan bantuan untuk migrasi situs secara gratis jika Anda memutuskan untuk mentransfer situs web Anda dari host lain. Sertifikat SSL dan backup harian, termasuk yang ditawarkan dalam setiap paket. Aspek hebat lainnya adalah dukungan live chat mereka yang cepat.

Sebelum Anda mendaftar, pastikan untuk memeriksa kembali harga penawaran yang lebih tinggi untuk masa perpanjangan. Misalnya, $ 2,99 adalah untuk 1-6 bulan pertama, maka harganya melonjak menjadi $ 9,95 – $ 14,95 / bln untuk harga selanjutnya.

3. Hostinger

Hostinger adalah senjata yang tepat untuk web rintisan, contoh nih, saya mau bikin project web baru. Tapi belum tahu reaksi pasar seperti apa, apakah web akan membludak? Atau sepi2 saja. Nah, untuk web seperti ini saya pakai hostinger, cukup bayar 500rb-an dapat hosting 4 tahun, loading speed mantab dan uptime lumayan lah, masih 99%.

Biasanya project baru kan struggle tuh, maka otak-atiknya disini, kalua udah stabil dan visitor terus naik maka kita bisa pindahkan ke hosting yang lebih besar, ya sekitar 5-15 usd per bulanan, biar ada pemasukan dulu buat bayar hostingnya.

Hostinger adalah salah satu penyedia hosting termurah, dengan biaya hanya $ 0,99 / bln saat memilih langganan terlama (48 bulan). Mereka memiliki pusat data dan server di seluruh dunia di tujuh wilayah berbeda.

Meskipun menjadi salah satu opsi hosting termurah, mereka masih berhasil mencapai uptime “oke” 99,91%. Jika kita hanya menghitung 15 bulan terakhir, bukan 16 bulan, maka uptime mereka akan menjadi 99,97% solid. Waktu loading rata-rata mereka sangat cepat, hanya 369 ms.

Bandwidth dan basis data tidak terbatas kecuali Anda memilih paket paling murah. Dimana Anda akan dibatasi hingga 10GB ruang disk, bandwidth 100GB, satu basis data MySQL, dan satu akun email.

Sayangnya, tidak semuanya murah. Add-on penting yang tidak termasuk dalam paket dasar seperti  dukungan prioritas (layanan teknikal support) dan sertifikat SSL harus anda dapatdan dengan membayar lebih.

Mirip dengan Bluehost, Hostinger juga menawarkan jaminan uang kembali 30 hari pada semua paket hosting.

Nah, itu dia 3 besar layanan hosting terbaik. Jika anda serius berbisnis online, jangan coba-coba dengan hosting yang belum teruji karena nggak lucu dong anda jualan online tapi web anda sering mati atau loadingnya lemot, bisa jadi cibiran calon konsumen dan competitor.

Tapi apapun keputusannya semoga sukses berbisnis online.