Apa sih WordPress Guttenberg itu?

Jika Anda telah menggunakan WordPress untuk jangka waktu yang lama, kemungkinan Anda menjadi sangat akrab dengan editornya. Namun, Anda mungkin juga pernah mendengar tentang perubahan yang akan terjadi dalam cara pengguna WordPress dalam membuat konten. Ini mungkin membuat Anda mulai bertanya: “Apa itu Gutenberg?”

Singkatnya, Gutenberg adalah editor baru untuk platform WordPress. Ini secara radikal akan mengubah cara Anda dalam membuat posting, halaman, produk, dan hampir semua hal lain di situs Anda. Gutenberg akan mulai digunakan sebagai bagian dari WordPress 5.0, yang dirilis pada tanggal 27 November 2018. Hal ini dilakukan wordpress untuk meningkatkan kecepatan loading.

Jika Anda masih bertanya-tanya “Apa sebenarnya Gutenberg?”, Jangan khawatir. Di postingan kali ini, kami akan membahas semua dasar-dasarnya, dan menunjukkan kepada Anda cara mencoba editor baru yang menggunakan konsep guttenberg.

Ayo mulai!

Sejak awal, editor WordPress dalam format seperti dibawah ini – yaitu menggunakan editor TinyMCE open-source:

default wp editor

Di seluruh web, cara yang lebih visual dan intuitif untuk membuat konten telah menjadi populer. Ada web builder yang mudah digunakan seperti Wix dan Squarespace, misalnya. Bahkan komunitas WordPress telah berkontribusi dalam hal ini, menciptakan banyak plugin pembuat halaman (seperti Elementor dan Divi) yang memungkinkan Anda menggunakan alat drag & drop untuk merancang tata letak secara visual.

Gaya pembuatan konten ini telah membuat editor default WordPress terlihat ‘kuno’ kalau tidak boleh dibilang nggilani dan karena itulah sebabnya wp melakukan perombakan total dalam bentuk Gutenberg.

Jadi, Apa itu Gutenberg? Ini adalah editor WordPress yang benar-benar baru, dirancang untuk menjadi web builder yang memenuhi kebutuhan jaman. Kita akan melihat lebih dekat bagaimana cara kerjanya. Namun, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan potensialnya.

Pro dan kontra Gutenberg

Jika Anda pernah mendengar sesuatu tentang Gutenberg sebelum membaca artikel ini, Anda mungkin sempat berpendapat bahwa ini adalah perubahan yang kontroversial. Namun banyak pula pengguna WordPress yang menganggapnya sebagai pengembangan yang menjanjikan dan perlu. Meskipun demikian perubahan memang selalu tidak mengenakkan.

Perdebatan tentang Gutenberg terasa makin kompleks, dan orang-orang memiliki alasan unik mereka sendiri untuk mendukung atau membantahnya. Namun, mari kita simpulkan beberapa potensi dan kelemahan editor baru.

Kelebihan WordPress Guttenberg

  • Jadikan proses pembuatan konten lebih intuitif dan lebih mudah bagi pemula.
  • Membantu Anda melihat konten Anda dalam format yang lebih lebih mirip dengan tampilan aslinya nanti.   
  • Menulis konten dan shortcode bisa dilakukan dalam satu ruang.
  • Lebih mudah dicustomisasi dengan memainkan elemen-elemen.
  • Menghilangkan kebutuhan untuk menginstal plugin web builder (semacam elementor gitu)

Kelemahan WordPress Guttenberg

  • User lama biasanya merasa cara posting sekarang lebih ribet dan terlalu berbeda dengan cara lama.
  • Akan ada banyak konflik dengan tema dan plugin yang ada (sebelum guttenberg), dan bahkan mungkin merusak situs tertentu.
  • User lama berpendapat guttenberg tidak siap untuk diaplikasikan sebagai bagian dari platform inti, dan sebaiknya disimpan sebagai plugin terpisah sehingga user bisa memilih menggunakan cara lama atau guttenberg.

Bagaimanapun, Gutenberg akan menjadi bagian dari WordPress dengan pembaruan besar berikutnya. Ini berarti terlepas dari kecenderungan pribadi Anda apakah itu perubahan yang diperlukan, Anda mau tidak mau harus siap.

Pada titik ini, kami telah menjawab pertanyaan “Apa itu Gutenberg?” Selain itu, kami telah menyentuh alasan mengapa hal itu diumumkan secara resmi, serta argumen yang menentangnya. Sekarang, saatnya untuk mencoba sendiri Gutenberg.

Jika Anda telah memperbarui situs WordPress Anda ke versi terbaru (yang memang seharusnya selalu Anda lakukan!), Anda akan melihat pemberitahuan tentang Gutenberg di dasbor Anda:

Mengklik Install Gutenberg di sini akan memungkinkan Anda mencobanya dalam bentuk plugin. Namun, kami tidak menyarankan melakukan ini di situs langsung, karena editor masih dalam pengembangan. Sebagai gantinya, Anda ingin mengujinya di situs backup atau di pc anda, jaga-jaga biar anda tidak shock.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, Anda akan dibawa ke halaman contoh:

Semua konten di sini dibagi menjadi ‘blok’ individu. Gutenberg memiliki banyak jenis blok yang berbeda, yang dapat Anda lihat dengan mengklik ikon plus di sudut kiri atas halaman:

Memilih blok di Gutenberg.

Anda bisa menambahkan Paragraf atau gambar di blok yang anda buat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat list, galeri, media, youtube view, dan sebagainya. Setiap kali anda perlu menambah konten maka anda perlu menambah 1 blok. Anda diberikan opsi format dan setting untuk tiap blok di sisi kanan:

Kami sangat menyarankan untuk mencoba menggunakan Gutenberg sendiri, mencoba berbagai blok, dan merasakan bagaimana cara kerjanya. Dengan ini, Anda akan dapat memutuskan sendiri bagaimana perbedaan dengan editor WordPress sebelumnya.

Jika Anda memutuskan untuk tidak menjadi pengguna Gutenberg, Anda akan dapat terus menggunakan editor yang biasa Anda gunakan saat ini, setidaknya untuk sementara waktu. caranya Anda perlu menginstal plugin Classic Editor untuk mengembalikan editor guttenberg menjadi editor lama.

Namun, perlu diingat bahwa pengembang plugin dan tema Anda pasti sudah bekerja keras memperbarui produk mereka agar kompatibel dengan Gutenberg. Ya mau tidak mau karena wordpress sudah menyatakan akan menggunakan guttenberg. Ini berarti dalam jangka panjang, Anda mungkin lebih baik menyerah dan mulai belajar menggunakan gutenberg.

Kesimpulan tentang guttenberg

Ternyata, jawaban untuk pertanyaan “Apa itu Gutenberg” lebih kompleks daripada yang Anda bayangkan. Karena perubahan selalu menyakitkan.

Jadi guttenberg adalah bagian dari WordPress 5.0, yang diluncurkan mulai 27 November 2018 sebagai plugin, dan 22 Januari 2019 sebagai bagian inti wordpress. Dan wordpress sudah menyatakan ke depan guttenberg akan menjadi bagian dari pengembagan cms ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *