Aplikasi Update Server dengan WinMerge

Mari Berbagi

WinMerge adalah aplikasi Windows yang mendeteksi perbedaan file dan penggabungan file antara 2 folder yang berbeda yang dibuat secara Open Source. WinMerge dapat membandingkan folder dan file, kemudian menunjukkan perbedaan dalam format teks visual yang mudah dipahami dan ditangani.

Aplikasi ini selalu saya pakai untuk melakukan editing di server karena cukup sering kejadian saya melakukan update server namun ada beberapa baris script di server yang memang saya buat beda dengan localhost menjadi ketumpukkan dan saya harus mengedit sendiri satu-satu. Saat dikerjar waktu hal ini sangat menjengkelkan karena seolah harus mengerjakan lagi apa yang sudah selesai kita kerjakan sebelumnya.

Tampilan Setelah Scan

Diatas adalah tampilan winmerge setelah melakukan scanning, kalau anda lihat tampilannya sangat mudah dipahami dan mudah dilakukan tindakan. Semua ada di 1 halaman, itu yang saya suka. Tidak perlu nyari-nyari menu, cukup click-click.

Di baris atas, terlihat nama folder dan dibawahnya adalah File yang sedang dibandingkan. Jadi di folder kiri dan kanan ada 2 file yang sama (Merge.cpp) dan contentnya ada perbedaan. Yang berbeda di blok kuning dan merah. Kita cukup fokus pada yg di blok saja. Kalau perlu tindakan cukup cilck kanan di warna kuning lalu ikuti menu yang ada. Semudah itu melakukannya.

Feature-Feature yang ada pada winmerge adalah:
– Supports Microsoft Windows XP or newer
– Handles Windows, Unix and Mac text file formats
– Unicode support
– Tabbed interface
– 3-way File Comparison
– Visual differencing and merging of text files
– Flexible editor with syntax highlighting, line numbers and word-wrap
– Highlights differences inside lines
– Difference pane shows current difference in two vertical panes
– Location pane shows map of files compared
– Moved lines detection
– Regular Expression based file filters allow excluding and including items
– Fast compare using file sizes and dates
– Compares one folder or includes all subfolders
– Can show folder compare results in a tree-style view
– 3-way Folder Comparison
– Support many types of images
– Can highlight the differences with blocks
– Overlaying of the pictures is possible
– Table Compare New!
– Shows CSV/TSV file contents in table format
– Text can be wrapped for each column
– Version Control
– Creates patch files (Normal-, Context- and Unified formats)
– Resolve conflict files
– Shell Integration (supports 64-bit Windows versions)
– Archive file support using 7-Zip
– Plugin support
– Localizable interface
Online manual and installed HTML Help manual

Bahasan Mendalam di:  Tema WordPress untuk Situs Pemerintahan Indonesia

Luar biasa banyak ya featurenya, tetapi saya pribadi tidak terlalu konsen dg fitur yang sebanyak itu karena beberapa memang tidak saya gunakan dan sisanya tersetting secara otomatis oleh winmerge, jadi saya tinggal pakai saja.

Untuk instalasinya cukup kunjungi winmerge.org, lalu pilih versi yang stabil, saya masih menggunakan versi lama 2.14 dan tidak berpindah ke yang baru karena ini sudah mencukupi kebutuhan saya. Saya download yang versi zip karena salah satu komputer saya di password admin oleh IT Perusahaan jadi saya donlot yg zip, tinggal extract dan jalankan saja, paling banter bikin shortcut tambahan di desktop.

Aplikasi ini open source dan gratis sampai ke tulang, artinya selain gratis juga tidak ada embel-embel iklan atau apapun.

Nah, cara terbaik belajar menggunakan winmerge adalah menggunakannya secara langsung namun jika ingin tahu lebih detail bisa cari di youtube, atau manual dan forum winmerge, dokumentasinya lengkap namun saya hampir tidak pernah membacanya karena tampilan yg user friendly sudah menjawab kebutuhan saya.

Jadi secara umum cara kerja saya adalah mendevelop web di localhost, memastikannya jalan lancara di beberapa browser yang berbeda, memastikan responsive-nya dan cukup banyak checklist lain (sesuai kebutuhan) yang harus saya pastikan di localhost. Jika saya sudah firm di localhost berjalan dg baik maka saya akan compare folder utama localhost dengan folder utama di server.

Winmerge akan menunjukkan semua perbedaan sampai 1 karakter pun.

Untuk file-file yang saya yakini harus sama antara server dan local saya akan click kanan dan melakukan copy dari localhost ke server, namun file yang seharusnya berbeda (seperti file setting database dan semacamnya) saya akan buka di winmerge dan melakukan konsolidasi per line yang berwarna kuning dan merah.

Bahasan Mendalam di:  ZAKRA, One Stop Wordpress Theme Free for E-Commerce

Jika File server dan Locahost sudah ‘sama’ (sesuai kebutuhan) saya melakukan test function di server dg checklist yang sama seperti yang saya lakukan di localhost. Jika semua fungsi berjalan baru saya tinggalkan server untuk operasional.

Demikian sharing saya tentang salah satu aplikasi web developer yang selalu saya gunakan dan telah menyelamatkan waktu saya dari kegiatan perulangan yang tidak perlu dan menyebalkan.

Selamat mencoba


Mari Berbagi