Bisnis Afiliasi Pay-Per-Clik – PPC

Mari Berbagi

Dalam bisnis pay-per-click (PPC), member akan mendapatkan bayaran apabila berhasil membuat orang lain melihat website atau blog milik merchant dengan cara melakukan klik pada iklan milik merchant tersebut. lklan pay-per-click yang muncul di website atau blog bisa berupa teks atau banner (images). Program PPC ini diluncurkan oleh para advertiser (pengiklan) yang akan membayar dengan perhitungan kalkulasi tertentu, setiap iklan dalam bentuk teks maupun banner tersebut diklik
oleh pengunjung.

Dalam PPC, termasuk juga iklan per impression, yang akan membayar per jumlah iklan yang dilihat pengunjung. Sebagai contoh, program dengan sistem `cost per 1000 impressions’ (CPM), berarti pemilik halaman web akan dibayar saat iklan klien mereka tertayang 1000 kali — dengan atau tanpa pengunjung melakukan klik terhadap iklan tersebut. Secara umum pay per impression lebih menguntungkan dibanding pay per click karena impression lebih bisa dikontrol pemilik blog daripada click yg tergantung dari judul ads yg click baik atau gambar yg menarik.

Program ini sangat diminati pemilik blog atau website, karena dengan hanya menempatkan iklan yang diklik atau dilihat oleh pengunjung, member akan memperoleh uang tanpa peduli apakah akan ada penjualan yang dihasilkan dari klik tersebut.

Beberapa Alamat PPC/ Per Impression

Beberapa alamat di bawah ini adalah tempat Anda bisa mendaftarkan diri sebagai publisher dengan menyediakan space di blog atau website.
Space berupa iklan berbasis teks atau banner akan muncul di blog atau situs publisher sesuai dengan format yang dipilih pada masing-masing penyedia layanan.

Berikut ini alamat-alamat yang tersedia:

  1. adbrite.com
  2. adhearus.org
  3. adknowledge.corn
  4. Atomicseek.com
  5. avnads.com
  6. advtise.com
  7. azoogleads.com
  8. BigClique.com
  9. bidvertiser.com
  10. BClick.com
  11. ClickAgents.com
  12. Cpxclick.com
  13. CasaleMedia.com
  14. Chitika.com
  15. crispads.com
  16. Clickbooth.com
  17. DirectLeads.com
  18. doubleclick.com
  19. eClickZ.com
  20. Fastclick.com
  21. Fadoo.net
  22. FinditQuick.com
  23. Google.com/adsense
  24. industrybrains.com
  25. kanoodle.com
  26. Looksmart.com
  27. Obeus.com
  28. onemonkey.com
  29. phedo.com
  30. peakclick.com
  31. revenuepilot.com
  32. searchfeed.com
  33. Snap.com
  34. text-links-ads.com
  35. tribalfusion.com
  36. yesadvertising.com
  37. publisher.targetpoint.com
  38. qumana.com
  39. valueclick.com
  40. vibrantmedia.com
  41. widgetbucks.com

Langkah Awal di Afiliasi PPC

Jika PPS dan PPL bisa diikuti tanpa harus memiliki blog atau website, PPC dan pay per impression mengharuskan Anda memiliki blog atau website sebelum mendaftar. Blog atau website ini biasanya akin digunakan sebagai media untuk ‘melamar’ afiliasi ppc atau per impression.

Ada penyedia program yang hanya mensyaratkan pendaftar asal memiliki blog atau website saja, tetapi ada juga penye-dia program yang memberi beragam persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti Bahasa, kualitas dan kuantitas konten, trafik, umur blog atau website, dan sebagainya.

Google adsense adalah bisnis ppc yang sudah sangat lama, terbukti membayar dan cenderung tidak ribet. Berikut ini contoh cara mendaftar PPC di Google AdSense dengan biaya investasi seminim mungkin.

  1. Membuat blog atau website
    Buatlah blog dengan nama dan content berbahasa Inggris atau bahasa Indonesia di blogger.com atau blogspot.com. Langkah pertama, klik Create Your Blog Now. Isikan informasi yang diperlukan pada halaman Create an account. Klik Continue jika sudah lengkap.
  • Isikan judul dan alamat blog yang diinginkan. Tulis huruf pada word verification yang muncul pada kolom yang tersedia di bawahnya.Klik Continue. Jika alamat blog yang dipilih tidak tersedia, cari alamat atau nama lain.
  • Pilih template yang Anda suka, lalu tekan Continue.
  • Untuk mulai menulis blog, klik Start Posting. Tuliskan judul tulisan pada kolom Title dan isi tulisan atau content pada kolom kosong di bawahnya. Kemudian klik Publish Post. Posting-lah beberapa artikel yang menarik dan datangkan sejumlah visitor secara stabil sebelum mendaftar adsense.
  1. Mendaftar AdSense

Daftarkan alamat blog yang sudah dibuat di https://www.google.com/adsense/start

Klik pada Sign Up Now sampai muncul halaman Welcome to adsense.

  • Isikan data yang diminta.
  • Setelah selesai, Google akan langsung mengirimkan email berisi status pendaftaran, sedangkan status penerimaan atau penolakan akan diberitahukan melalui email dalam waktu 1-2 hari.
  • Jika mendapatkan email dari Google dengan subject Welcome to Google Adsense, hal itu menunjukkan bahwa Anda sudah memiliki adsense. Segera aktifkan account Anda dengan melakukan klik pada Activate your account.
  1. Login di blogspot.com
  • Pilih menu Layout.
  • Pada jendela baru yang muncul, klik Add a Gadget.
  • Pilih AdSense.
  • Akan muncul dua pilihan untuk account AdSense. Pilih salah satu.
  • Apabila kita belum mempunyai account, pilih CREATE A NEW ADSENSE ACCOUNT. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut. Isi isian yang tersedia.
  • Setelah klik CREATE ACCOUNT, kode adsense kemudian akan muncul di blog blogger.com/blogspot milik Anda.

Sampai disini adsense akan membayar setiap click yang dilakukan visitor blog anda ke adsense ads. Tentunya semakin banyak visitor, maka semakin besar kemungkinan visitor melakukan click pada ads/iklan dan semakin besar pula pendapatan anda.

Sekarang ini sangat banyak online marketer indonesia yang bekerja full online dan mendapatkan gaji rutin ratusan juta per bulan dari adsense. Jadi bisnis ini memang sangat worthed untuk dipelajari dan diamalkan. Namun yang saya share disini sangat basic, hanya pemahaman mendasar untuk mendaftar saja.
Jadi jika anda ingin sukses di bisnis ppc ini maka yang perlu anda lakukan adalah mencoba sekarang juga dan terus belajar pantang menyerah.


Mari Berbagi