Bisnis Afiliasi Pay-Per-Lead

Mari Berbagi

Pay-per-lead (PPL) adalah salah satu program afiliasi, di mana merchant (pihak yang menjual produk) akan membayar kepada member yang bisa mengarahkan atau mengajak pengunjung masuk ke situs merchant dan mengisi formulir pembelian atau pendaftaran online — meskipun tidak terjadi transaksi penjualan.

Biro perjalanan, agen pendidikan, atau pembuat software, adalah pihak yang biasanya menggunakan program ini. Merchant berharap, setelah pengunjung melakukan pendaftaran atau mencoba produk yang diberikan, akan ada tindak lanjut berupa pembelian produk. Untuk inilah member akan dibayar.

Meski komisi yang dibayarkan biasanya lebih kecil dibandingkan dengan pay-per-sale, tetapi afiliasi pay-per-lead lebih mudah. Karena hanya mengajak pengunjung mengisi aplikasi atau mencoba suatu produk. Contoh di dunia ‘nyata’, PPL sama dengan agen pemasar kartu kredit yang akan mendapatkan komisi dari aplikasi yang sudah diisi oleh calon pengguna, walaupun pada akhirnya kartu kredit tersebut urung digunakan.

Beberapa Alternatif Afiliasi PPL

Berikut beberapa alamat yang menyediakan program PPL adalah sebagai berikut.

  1. CreditKarma.com
  2. Away.com
  3. Clipart.com
  4. CallWave.com
  5. Cj.com
  6. Cyberbounty.com
  7. DirectLeads.com
  8. OnResponse.com
  9. Paypal.com
  10. ValueClick.com
  11. Websponsors.com
  12. Werlive.com

Langkah untuk Mengikuti Program PPL

Contoh berikut menggunakan program dari Cj.com. Tahapannya:

  1. Sign up di Cj.com.
  1. Setelah proses pendaftaran selesai, Login, lalu pilih kategori produk yang akan dipasarkan.
  1. Pilih advertiser yang akan diikuti dengan mencentang kotak, lalu klik Apply to Program.
  2. Akan muncul jendela Baru yang menginformasikan apakah permintaan Anda diterima, ditunda, atau ditolak. Jika diterima, klik get link untuk mendapatkan url afiliasi.
  3. Promosikan url afiliasi tersebut di situs web atau blog.

Sama seperti ppc, bisnis ini menjanjikan pendapatan yang besar jika semakin banyak orang melihat link yang anda bagi. Karena itu pintar2lah membagi url link affiliasi menggunakan semua media online yang ada.


Mari Berbagi