Bisnis Afiliasi Pay-Per-Sale

Mari Berbagi

Pay-per-sale (PPS) adalah salah satu jenis afiliasi, di mana merchant (pihak yang menjual produk) akan memberi komisi untuk setiap penjualan yang terjadi atas rekomendasi dari member afiliasi.

Dibandingkan dengan pay-per-click atau pay-per-lead, besarnya komisi bisa berupa persentase atau berdasar nominal tertentu, dan nilainya jauh lebih besar. Wajar saja, karena mengajak orang untuk mau membeli barang jauh lebih sulit dibandingkan dengan hanya sekadar mengajak orang untuk mengisi aplikasi pemesanan.

Di Internet, terdapat banyak sekali merchant yang menyediakan afiliasi berdasar pay-per-sale, dan jumlahnya kian hari kian bertambah. Sama dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, alamat yang sebaiknya diikuti adalah marketplace yang menyediakan tempat bagi banyak merchant, sekaligus menyediakan program afiliasi bagi yang berminat mengikuti.

Langkah untuk Mengikuti Program PPS

Seperti contoh artikel sebelumnya di Paydotcom, sebenarnya program di situs web tersebut merupakan langkah mengikuti program pay-per-sale. Agar lebih bervariasi, berikut contoh PPS dengan dari ClickBank.com.

  1. Sign Up di clickbank.com
  1. Setelah proses pendaftaran selesai, login, browse produk yang ditawarkan dengan cara masuk ke daftar penawaran dari advertiser caranya click marketplace.
  1. Pilih category produk, ini sangat penting dan kalau bisa disesuaikan dengan minat dan niche blog anda. Misalnya anda punya blog kesehatan maka anda bisa pilih kategori alat-alat kesehatan, diet, workout dan semacamnya.
  1. Setelah itu anda pilih produk yang akan anda pasarkan. Anda bisa memilih produk paling laris, paling besar bonusnya atau justru produk yang unik supaya saingan terbatas. Bebas-bebas saja dan justru disinilah letak feel of business yang akan anda asah.
  1. Untuk mendapatkan link afiliasi pada program yang sudah diterima, klik View Links. Link tersebut bisa anda pasarkan dimana saja di IG, FB, Twitter, Youtube, Web anda atau anda gunakan Google ads dan Facebook ads.
  1. Promosikan url afiliasi tersebut di situs web atau blog yang anda miliki.

Pay per sale atau cost per sale adalah bisnis yang amat sangat menguntungkan dan dapetnya besar walaupun pemainnya banyak. Yang penting untuk anda adalah memulai sekarang juga untuk membentuk bisnis anda sendiri.


Mari Berbagi