Bisnis Online Parkir Domain

Mari Berbagi

Apabila Anda sedang mencari media investasi alternatif, sebaiknya mulai melirik pilihan yang murah dan meriah di dunia maya, yaitu investasi pada lahan online. Seperti halnya nembeli lahan di dunia nyata berupa tanah, dunia maya juga nenyediakan lahan online bernama domain yang bisa disewa 3 tahun bahkan diperjualbelikan.
Domain bisa diibaratkan nama atau alamat di mana lahan tersebut kita miliki. Misal, jika lokasi toko fisik Anda berada di Komplek Pasar Beringharjo nomor sekian Jogja, domain toko online misalnya adalah www.malioboromall.com. Pembeli nyata akan datang ke alamat di komplek Pasar Beringharjo, Sedangkan pembeli `maya’ akan mengunjungi www. malioboromall.com untuk masuk ke toko online.

Nah, jika Anda saat ini sudah memiliki lahan online bernama domain, tetapi belum dipakai, ada satu program yang bisa membuat lahan online menjadi mesin penghasil uang, yaitu park domain.

Melalui park domain, domain Anda akan disewa sebagai lahan parkir domain-domain lain. Anda akan mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung yang mendatangi website tersebut. Uang tersebut datang dari para pengiklan (advertiser) yang mengiklankan situsnya melalui penyedia layanan parking. Jika sudah diparkir, domain Anda kemudian akan berisi link-link dari advertiser atau pengiklan tersebut.

Program ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan karena yang dibutuhkan hanya memiliki domain (tanpa hosting), tanpa perlu harus paham bahasa semacam HTML, dan isi halaman (content). Meskipun hal tersebut menjadi kelebihan park domain, tetapi bisa juga berarti kelemahan park domain. Domain yang hanya berisi link dan tidak memiliki content, jelas tidak memiliki daya tarik apa pun bagi pengunjung. Anda bisa melihat contoh domain yang diparkir seperti terlihat pada Gambar. Apakah Anda akan mendatangi alamat domain tersebut untuk yang kedua kalinya apabila tidak ada satu informasi pun yang bisa diperoleh, kecuali hanya kumpulan link atau alamat dari para pengiklan?

Memang, apabila hanya mengandalkan klik dari pengunjung, pemilik domain bisa dibuat frustrasi ketika domain tersebut miskin trafik. Namun, ada satu potensi besar dari park domain, yaitu kenyataan bahwa domain juga bisa diperjualbelikan. Nama domain dengan keyword yang bagus, keren, atau banyak dicari orang, bisa membuat pemiliknya seperti mendapatkan durian runtuh. Sama halnya ketika seseorang memiliki lahan di jalur yang strategis, ia bisa menyewakan atau menjual lahan tersebut dengan harga mahal dibandingkan dengan lahan yang berada di lokasi pinggiran.

Bahasan Mendalam di:  6 Cara Dalam Mengirim Email Yang Profesional

Barangkali Anda pernah mendengar kisah nyata bagaimana business.com (http://www.kapanlagi.com/h/0000221644.html) bisa dijual dengan harga $7,5 juta dan loans.com terjual dengan harga $3 juta USD. Tidak heran, apabila keluarnya domain baru .asia langsung menjadi ajang perburuan layaknya Initial Public Offering (IP0) saham di pasar perdana.

Nah, apabila Anda tertarik dengan bisnis sewa-menyewa lahai online atau bahkan ingin mewariskan anak cucu berupa lahan maya, park domain adalah salah satu jawaban untuk itu. Bermodal rata-rata Rp 100.000 untuk setiap nama domain, Anda bisa menjadi tuan tanah di negeri maya.

Yang diperlukan hanyalah membeli domain, kemudian bisa diparkirkan di beberapa alamat situs web.

Alamat untuk Parkir Domain

  1. Acfiveaudience.com
  2. Adshack.com
  3. Domainspa.com
  4. DomainHop.com
  5. Domainspy.com
  6. DomainSponsor.com
  7. Dotzup.com
  8. Fabulous.com
  9. Godaddy.com
  10. Goldkey.com
  11. imonetize.com
  12. NameDrive.com
  13. Parked.com
  14. ParkingDots.com
  15. ParkingPanel.com
  16. Sedo.com
  17. SmartName.com
  18. TrafficValet.com

Langkah menuju Parkir Domain

Untuk parkir domain yang kita miliki, tahapan yang harus dilalui adalah:

  1. Mencari nama atau keyword untuk domain

Anda bisa mencari nama domain dengan nenggunakan salah satu atau semua pilihan berikut.

a. Keyword yang banyak dicari atau yang menjadi trend

Keyword yang banyak dicari, bisa dicek melalui website:
– google.com/trends
– freekeywords.wordtracker.com/
– wordtracker.com/ technorati.com/pop/
– 50.1ycos.com
– pulse.ebay.com
– buzz.yahoo.com
– adwords.google.com/select/KeywordbolExternal
– keyworddiscovery.com/search.html
– adsense-tool.com/keywordmarketingbuddy.php

Mencari nama yang bagus untuk domain .com boleh dibilang agak susah, karena sebagian besar domain sudah dibeli sejak booming dotcom.
Alternatifnya, Anda bisa menggunakan .net, .biz, .org, .info, atau .asia. Nama domain bisa menggunakan:

Nama orang

Pebisnis, artis, pejabat, atlet atau tokoh-tokoh terkenal adalah nama untuk domain yang juga bisa diparkirkan sesuai dengan kecakapannya rnasing-masing. Bahkan jika Anda belum memiliki domain untuk nama Anda sendiri, cepat-cepatlah dibeli, karena sekian tahun kemudian, bisa jadi nama tersebut akan menjadi nama presiden republik domain yang kesekian.

Nama lokasi

Untuk nama lokasi khususnya kota besar, Anda bisa menambahkan dengan -times, -today atau -news.

Catatan: Sebaiknya hindari memilih nama domain yang memiliki hak cipta, semisal nama perusahaan atau merek produk tertentu.

b. Profitable Keyword

Salah satu faktor kunci yang menentukan besar kecilnya pendapatan dari park domain adalah nilai keyword. Domain dengan keyword `trading forex’ berbeda nilainya dengan keyword ‘real estate’.Jadi, jika domain yang Anda parkir berisi keyword mahal, semakin besar pula peluang pendapatan yang bakal diterima. Lantas, dimana kita bisa melihat atau membandingkan harga keyword? Beberapa alamat berikut bisa digunakan untuk mencari informasi nilai keyword. Meski nilai yang diperoleh dari masing-masing cara bisa berbeda, tetapi setidaknya bisa digunakan sebagai panduan untuk mendapatkan perkiraan harga.

Bahasan Mendalam di:  Cara agar Bisnis Jastip Agar Tidak Rugi

Adwords Keyword Tool https://adwords.google.com/selectiKeywordToolExternal

Tulis keyword yang dipilih pada kolom Enter one keyword or phrase per line, misalnya keyword ‘free download’. Kemudian tulis karakter yang muncul, lalu klik Get keyword ideas.

Pada Gambar sebelumnya (bagian Estimated Avg.CPC) berikut, Anda bisa melihat harga rata-rata per klik yang bersedia dibayar pengiklan untuk keyword ‘free download.

Untuk melihat nilai keyword lain, lakukan hal yang sama dengan memilih keyword lain.

Spyfu.com

Selain bisa digunakan untuk mendapatkan daftar 100 keyword termahal, Spyfu.com juga bisa digunakan untuk mencari nilai keyword. Seperti contoh berikut: Tinggal Masukkan keyword yang dipilih pada kolom Search.

KeywordElite.com

Software ini konon menjadi peralatan wajib bagi para marketer online. Melihat manfaat dan fungsi yang dimiliki, tidak ada salahnya Anda mengeluarkan sedikit kocek untuk bisa mendapatkan software ini.

c. Kesalahan Penulisan

Bagi pemburu domain, kesalahan pengetikan atau penulisan yang dilakukan pengunjung saat berselancar bisa berarti keuntungan. Misal, penulisan click ditulis dengan klik, clikc, clik atau clix. Untuk melihat seberapa banyak keyword yang melakukan kesalahan ketik, Anda bisa melihatnya di http://manchesterdomain.com/keyword-typo-generator.html atau mendownload software TypoGen di http://www.vbbitman.com/download/typoGen.exe.

Selanjutnya, apabila Anda menemukan keyword salah ketik yang banyak dilakukan pengunjung, Anda bisa segera membeli domain dengan keyword tersebut sepanjang belum dimiliki orang lain.

b. Expired domain

Expired domain (expired traffic) adalah domain yang tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya karena sengaja atau karena lupa memperpanjang. Kelebihan mendapatkan expired domain adalah memiliki trafik yang sudah tinggi, apabila kebetulan domain tersebut sudah memiliki trafik.
Beberapa alamat untuk mencari expired domain:

  • drophunt.com/search.php
  • domainbroadcasting.com
  • justdropped.com
  • expireddomainsearch.net
  • deleteddomains.com
  1. Membeli Domain

Setelah menentukan keyword, Anda bisa segera membeli domain untuk di-parking. Untuk tujuan parking, Anda hanya perlu membeli domain tanpa hosting. Sampai saat ini, harga. domain rata-rata dalam rupiah adalah Rp 100.000. Beberapa alamat yang bisa digunakan untuk membeli domain ada di: Manchesterdomain.com, Idwebhost.com, Godaddy.com, Hostgator.com, Techscape.co.id, atau di Indosite.com.

Bahasan Mendalam di:  Plus Minus Jualan Produk Di Instagram

Berikut adalah contoh langkah-langkah pembelian domain di www.namecheap.com.

Pilih nama domain yang diinginkan. Jika nama domain yang dipilih tidak tersedia karena sudah ada yang memiliki, Anda harus menggantinya dengan nama yang lain.

Anda cukup membeli domain tanpa hosting. Klik order. Isi data-data yang diperlukan dengan beberapa pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah mendaftar, akan ada perintah ke mana Anda harus melakukan pembayaran untuk mengaktifkan domain yang dipesan. Jika pembayaran sudah selesai dilakukan, penyedia layanan akan mengirimkan username dan password melalui email. Username dan password inilah yang akan digunakan untuk login di cpanel yang biasanya beralamat di www.domain.com/cpanel

3. Mendaftar Park Domain

Untuk contoh berikut akan digunakan layanan dari NameCheap.com dengan pertimbangan bisa mendaftar melalui email gratisan.

b. Setelah Logon di Namecheap.com dengan alamat email dan password yang digunakan saat mendaftar. Selanjutnya:
– Submit alamat domain yang akan diparkir pada kolom yang tersedia.
– Klik Save & Continue.

c. Ubah lokasi server sesuai tempat parkir.

Caranya:
Cara 1: Ubah alamat server. Untuk NameDrive.com:
a. nsl.fastpark.net (206.130.11.197)
b. ns2.fastpark.net (216.8.177.29)

Anda bisa menanyakan pada tempat dimana Anda membeli domain untuk mengganti alamat server. Untuk contoh dimana Anda menggunakan Manchesterdomain.com atau Idwebhost.com, berikut adalah langkah yang perlu dilakukan : Login di http://idwebhost.com/manage dengan username (email) dan password yang diberikan saat mendaftar. Jika sudah login, klik Manage Domain.
Klik Modify NameServer pada halaman Manage Domain.

Ganti Name server menjadi :
Name Server 1: ns1.fastpark.net
Name Server 2: ns2.fastpark.net
Klik Save.

Cara 2: URL Forwarding

pertama login ke cpanel domain Anda lalu forward domain Anda sesuai alamat tujuan.

Untuk NameDrive.com, alamat tujuannya adalah www.ndparking.com/domain.com
Catatan: ganti domain.com dengan nama domain anda.
Contoh:
Domain: www.bbagi.com
URL forwardingnya adalah: www.ndparking.com/bbagi.com

  1. Promosikan domain Anda di beberapa dengan memberi link pada blog atau website

Bisnis parking domain adalah bisnis yang menguntungkan jika anda mendapatkan domain yang sudah ramai. Jadi investasikan waktu terbanyak untuk riset nama domain paling bermutu sebelum melangkah ke proses berikutnya.


Mari Berbagi