Cara Memasang Iklan Adsense Supaya Earning Berlipat-lipat

Mari Berbagi

Apabila aktivasi account Adsense Anda sudah disetujui Google, Anda bisa langsung login di www.google.com/AdSense dengan memasukkan email dan password yang dipilih pada saat mendaftar. Setelah login, Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar berikut:

Berikut ini keterangan dari gambar di atas.

  • Reports: berisi laporan komisi yang diperoleh member.
  • Ads: berisi kode AdSense untuk iklan.
  • Account: berisi data member.
  • Payment: berisi detail earning ads
  • Optimization: berisi saran-saran untuk optimalisasi hasil ads, di awal sebaiknya fokus ads keluar dan tampilan, kalau sudah jalan baru fokus jalanin optimalisasi satu per satu. Jangan memaksa diri nanti pusing sendiri.

AdSense for content adalah program yang akan menampilkan iklan dari advertiser. Bagian ini berisi kode script yang berisi AdSense for content atau iklan yang akan ditampilkan di halaman web atau blog.

Bentuk iklan yang dapat dipilih terdiri dari:

1. Iklan Text

Iklan teks dapat muncul di hasil penelusuran Google. Jenis iklan Google Ads ini umumnya berisi judul berupa tautan yang bisa diklik menuju laman web. Teks ini berupa satu hingga dua baris dilengkapi alamat menuju situs web dengan warna hijau.

Cara kerja iklan jenis ini adalah dengan menjangkau pelanggan saat mereka menelusuri kata kunci tertentu yang berhubungan dengan produk/jasa Anda di mesin pencari Google. Kini Google juga memberikan fasilitas tambahan pada iklan teks yaitu  ekstensi iklan, dan yang paling penting ini sifatnya gratis. Ekstensi iklan berguna untuk menyediakan detail tambahan dan informasi kontak yang dapat menjadikan iklan teks Anda lebih relevan bagi pelanggan.

2. Iklan Gambar

Iklan gambar muncul di situs-situs yang merupakan partner Google atau Google Display Network (GDN). Iklan jenis ini memamerkan produk atau layanan secara visual. Cara kerjanya yaitu dengan menjangkau pelanggan di situs web yang berpartner dengan Google.

Bahasan Mendalam di:  Іnіlah 4 LAPAK yang Dіgunakan Untuk Membuka Toko Onlіne

Iklan jenis ini memamerkan produk atau layanan secara visual. Ukuran iklan gambar sendiri bisa berbeda tergantung dimana iklan itu dipasang.

3. Iklan Promosi Aplikasi

Iklan jenis ini juga muncul di situs-situs yang merupakan partner Google, namun hanya muncul ketika situs dibuka dari mobile browser (contoh : Opera Mini, UC Browser, dan lain-lain). Iklan jenis ini memunculkan tampilan dapat berupa teks atau gambar yang memperkenalkan aplikasi yang diiklankan. Selain itu, terdapat tombol download yang dapat diklik dan akan terhubung langsung ke Google Play atau App Store untuk meng-install aplikasi tersebut.

Iklan jenis ini memunculkan tampilan dapat berupa teks atau gambar yang memperkenalkan aplikasi yang diiklankan

4. Video

Iklan video dapat muncul di situs-situs yang merupakan partner Google dan Youtube. Iklan jenis ini memamerkan produk atau layanan dalam bentuk video. Durasi video iklan ini sendiri bervariasi. Di Youtube, ada jenis iklan video berdurasi 8-15 detik dimana pengguna Youtube dapat menutup iklan setelah 5 detik, ada pula jenis iklan berdurasi 5-8 detik namun pengguna Youtube tidak dapat menutup iklan tersebut.

Di Youtube, ada jenis iklan video berdurasi 8-15 detik dimana pengguna Youtube dapat menutup iklan setelah 5 detik, ada pula jenis iklan berdurasi 5-8 detik namun pengguna Youtube tidak dapat menutup iklan tersebut.

5. Iklan Shopping (Produk)

Iklan shopping dapat muncul di hasil penelusuran Google. Jenis iklan ini menampilkan nama produk dan tautan yang bisa diklik menuju produk yang ditampilkan dari laman web supaya pelanggan bisa langsung berbelanja dari laman web tersebut. Jenis iklan ini menampilkan nama produk dan tautan yang bisa diklik menuju produk yang ditampilkan dari laman web supaya pelanggan bisa langsung berbelanja dari laman web tersebut.

Bahasan Mendalam di:  5 Jenis Wordpress Theme Bisnis yang Paling Cuan

Cara kerja iklan jenis ini adalah dengan menjangkau pelanggan saat mereka menelusuri kata kunci tertentu yang berhubungan dengan produk Anda di mesin pencari Google.

Untuk mendapatkan kode (script) AdSense for content, klik menu AdSense for Content seperti terlihat pada sebelumnya. Di sana Anda bebas memilih format yang akan digunakan. Namun, untuk memudahkan caranya, ada baiknya Anda ikuti dulu pedoman berikut.

Salah satu cara memasang Google AdSense di blog WordPress yang cukup mudah adalah dengan menggunakan plugin. Terdapat berbagai macam plugin yang dapat digunakan untuk memasang iklan AdSense. Anda dapat menginstall plugin berikut yang cukup banyak digunakan.

1. Plugin Google AdSense

Plugin Google Adsense juga dikenal dengan nama plugin Google Publisher, ini merupakan plugin yang dibuat oleh Google. Plugin ini membantu Anda dengan mudah untuk memasang iklan Adsense pada website WordPress.

Kelebihan:
Dapat dengan mudah menambahkan Adsense ke website WordPress
Menyesuaikan dengan layout mobile
Mempercepat pengaturan iklan

2. Ad Injection

Plugin ini adalah pilihan plugin yang dapat Anda gunakan untuk mengintegrasikan iklan Adsense pada blog WordPress. Plugin ini tidak hanya untuk memasang Adsense tapi dapat juga digunakan untuk memasang iklan dari layanan lain. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengatur iklan supaya tampil berdasarkan panjang postingan, umur atau alamat IP dari visitor.

Kelebihan:
Memungkinkan Anda secara otomatis memasang iklan tanpa memodifikasi postingan.
Memungkina Anda melakukan pengetesan dengan memasang berbagai ukuran iklan pada tempat yang sama.
Selain itu dapat digunakan untuk memasang social pugin dan lainnya.

Kekurangan:
Pengaturannya sedikit rumit dan tidak user friendly
Kemungkinan tidak kompatibel dengan versi WordPress Anda

3. Ad Inserter

Ad inserter adalah plugin yang menurut saya pribadi cukup bekerja dengan baik untuk membantu memasang iklan Adsense di blog WordPress, selain adsense juga bisa untuk Amazon.

Bahasan Mendalam di:  FAQ Tentang Adsense

Keuntungan
Dapat dengan mudah menampilkan iklan diberbagai lokasi web.
Memiliki fitur untuk memilih menampilkan iklan pada lokasi tertentu secara otomatis oleh plugin.
Terdapat 16 kolom untuk code iklan

Memasang AdSense Secara Manual

Cara memasang iklan Adsense di blog WordPress selain dengan menggunakan plugin, Anda dapat memasangnya dengan cara manual melalui widget. Kelebihan dari cara ini, Anda tidak perlu menginstal plugin. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk membuat widget baru dan memasukkan code Adsense.

1. Silakan login ke dashboard WordPress Adna, kemudian pilih menu Apperance > Widgets.

2. Kemudian silakan pilih Text dan letakkan pada bagian yang Anda inginkan, pada contoh ini adalah pada Sidebar, tapi Anda juga dapat meletakkan pada bagian lain seperti footer. Setelah itu silakan klik tombol Add Widget.

3. Silakan isi bagian Title misalnya Ads dan Content diisi dengan code iklan Adsense Anda.

4. Setelah selesai silakan klik tombol Save.

Pada langkah ini Anda sudah berhasil memasang Google Adsense pada blog. Silakan ditunggu beberapa saat sampai iklan Anda muncul.


Mari Berbagi