Cara Memilih Server Hosting yang Baik untuk WordPress

Cara Memilih Dedicated Server Terbaik untuk WordPress

Memilih server khusus untuk WordPress sangat penting untuk bisnis Anda. Dan sebenarnya ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kami telah menyusun daftar pertanyaan yang sering muncul supaya anda lebih mudah memutuskan server seperti apa yang pantas untuk anda gunakan.

Cara Memilih Server Hosting yang Baik untuk WordPress

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated Server atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai Server khusus, adalah server yang sepenuhnya digunakan untuk menjalankan perangkat lunak dan situs web Anda. Ini berarti bahwa sumber daya server — termasuk memori dan kekuatan komputasinya — dalam kontrol Anda. Ini juga berarti bahwa setiap masalah yang dimiliki server Anda dapat didiagnosis dan segera diperbaiki (oleh anda atau oleh teknisi server atas permintaan anda). Dengan dedicated server, semua problem dan kontrol ada di tangan Anda.

Apa itu Shared Server?

Shared Server atau diartikan sebagai Server bersama alias Server Berbagi adalah opsi yang terbaik bagi webserver pemula karena pertimbangan harga, kualitas, problem solving dan pengoperasian. Anda berbagi ruang dan sumber daya server dengan pelanggan lain yang menggunakan server yang sama. Salah satu resikonya bahwa jika situs web Anda atau situs web lain di server mendapat lonjakan tiba-tiba dalam popularitas dan traffic, itu bisa membanjiri server dan membuat web anda ikut down selama waktu sibuk. Satu postigan atau konten populer bisa mengacaukan keseimbangan server bersama. Selain itu, Anda berbagi keamanan dengan anggota lain di server itu. Jika situs pengguna lain diserang, situs Anda mungkin juga rentan. Namun perlu diingat juga bahwa shared hosting biasanya memiliki kekuatan besar (terutama yg vendor besar), jadi dengan lonjakan beberapa ribu saja tidak akan terlalu terpengaruh.

Apakah saya sebaiknya menghosting di tempat saya membeli domain?

Anda mungkin melihat paket hosting yang diiklankan oleh perusahaan yang sama tempat Anda membeli nama domain Anda, tetapi itu sama sekali bukan persyaratan untuk tetap menggunakannya untuk hosting Anda. Faktanya, merupakan praktik umum untuk membeli nama domain dari satu perusahaan (“domain registrar”) dan membeli hosting dari perusahaan lain. Nama domain Anda adalah milik Anda; di mana Anda memarkirnya, itu terserah Anda.

Dari pengalaman saya menggunakan hosting go-bapak dan name-murah (you know what i mean), saya pribadi sangat kurang puas dengan hosting mereka yang lemot dan aarhgghhhh … Jadi sebaiknya anda beli domain di perusahaan domain terbaik dan sewa hosting di perusahaan hosting terbaik supaya website anda baik-baik saja.

Apa yang Harus Saya pertimbangkan untuk mendapatkan Dedicated Server Terbaik untuk WordPress?

Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda menemukan opsi yang tepat.

Support
Anda perlu mendapatkan server yang menawarkan dukungan khusus WordPress, backup otomatis, akses 24/7, dan penyelesaian customer support complain tepat waktu untuk tiket komplain jenis apa pun.

Kemudahan penggunaan
Seharusnya mudah untuk membangun situs wordpress dan meng-customize seperti yang Anda inginkan. Transisi untuk mereka yang pindah hosting juga tidak sulit. Bahkan sekarang cukup banyak Operator/Perusahaan Dedicated Server yang menawarkan migrasi gratis. Saya sih belum pernah coba, karena migrasi pakai plugin saja sudah cukup mudah dan cepat.

Storage
Anda menginginkan server yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda dalam hal bandwidth dan penyimpanan SSD. Cari yang menawarkan unlimited bandwidth (walaupun sebenarnya tidak ada yg unlimited) dan unlimited storage, ini akan memberikan anda fleksibilitas dalam membangun web anda, peningkatan traffic sampai 30-40 ribu tidak akan mengganggu server anda, dan peningkatan file sampai 20 GB juga belum memicu teknisi server menutup web anda.

Anda juga perlu concern pada server yang memberikan solusi mudah saat anda ingin mengganti paket hosting ke paket yg lebih baik, ya anggap saja web anda berkembang dan membutuhkan bandwidth dan storage yang lebih besar, maka sudah selayaknya teknisi server membantu anda with no question. Dan tanyakan juga mengenai biaya support semacam itu, seharusnya gratis sih, penyedia hosting besar biasanya menggratiskan hal-hal semacam itu dan memastikan downtime secepatnya.

SSL Certification
Sertifikasi SSL diperlukan untuk situs web apa pun yang dimonetisasi melalui e-commerce. Perusahaan Dedicated/Shared Server Anda harus memiliki solusi Sertifikasi SSL untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Kecepatan
Kecepatan dan kinerja situs web Anda amat sangat mempengaruhi peringkat mesin pencari. Perlambatan memuat halaman, keterlambatan pengunggahan gambar, animasi ngehang-ngelag-freeze, dan banyak lagi diapstikan menyebabkan traffic menurun. Jadi speed server adalah pertimbangan pertama sebelum memutuskan membeli server.

Keamanan
Dedicated Server umumnya memberikan lapisan keamanan tambahan untuk situs Anda. Ini melindungi informasi pelanggan Anda, informasi keuangan, dan pengalaman pengguna.

Backup
Anda perlu mencari operator server yang akan membuat backup konten situs Anda secara teratur (biasanya mingguan atau bulanan atau tidak sama sekali). Ini mencegah kegagalan besar — ​​seperti hilangnya konten, informasi pelanggan, dan banyak lagi. Backup atau cadangan seperti nyawa kedua yang memastikan web anda bisa hidup kembali saat ada kesalahan yang menghancurkan situs anda.

Jaminan Uptime
Jika situs Anda mati, bisnis Anda akan mati. Downtime dapat mengguncang kepercayaan pelanggan Anda dan reputasi Anda. Anda harus mendapatkan server yang dapat menjamin 100% uptime untuk klien mereka. Sayanganya di alam nyata baru sekitar 99.9%.

Dedicated Server untuk WordPress memiliki banyak keunggulan untuk situs web dan bisnis Anda dibandung shared server. Situs web Anda layak ditangani dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Perusahaan dan reputasi online bisnis Anda bergantung pada server yang aman dan andal.

Sekarang kembali kepada anda, mau memilih yang mana. Sesuaikan budget dan limitasi kebutuhan anda supaya bisnis bisa terus berjalan. Selamat berbisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *