Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula

Bisnis Online di Indonesia terus tumbuh dan makin hari makin banyak pengusaha muda yang bermunculan sebagai orang sukses, memiliki income besar, sebagian diantaranya memiliki karyawan yang banyak dan sebagian lainnya memiliki outlet yang tersebar hingga manca negara.

Hal ini tentu sangat menggiurkan bagi siapa saja. Namun bagaimana cara memulainya?

Simak artikel berikut untuk mengetahui cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula. Tanpa modal disini tentu sifatnya relatif ya. Bukan berarti gak ngapa-ngapain trus bisa untung. Ya minimal ada pc/laptop berikut jaringan internet. Masalah itu dapet dari pinjam atau cara gratisan lainnya itu lebih baik.

Sebenarnya bisnis online maupun offline memiliki beberapa syarat untuk sukses dan itu harus anda penuhi. Yang pertama adalah fokus. Anda dijamin pasti gagal kalau membangun bisnis tanpa fokus, baik itu bisnis online maupun offline.

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

 

 

 

Selanjutnya anda juta butuh kepala yang keras, artinya seberat apapun tantangannya, seberapa sering anda gagal, sebete apapun rasanya … anda jangan menyerah. Gagal adalah saat anda menyerah. Selain itu adalah kesuksesan atau in progres menuju kesuksesan.

Nah, berikut beberapa trik untuk mempermudah memulai bisnis online, setidaknya tidak perlu modal besar.

Membangun Bisnis Online dengan cara Dropship

Saat ini bisnis model dropshiping berkembang sangat luas. Gak perlu anda beli pdf/excel/ebook daftar supplier. Cukup cari di facebook, bukalapak, tokopedia dan anda menemukan ribuan penyedia barang yang siap mengirimkan barang ke konsumen anda.

Ok, bisnis dropship adalah bisnis dengan cara anda menjual barang orang lain. Konsumen membayar ke anda, anda membeli ke pemilik barang dan memintanya mengirim ke pembeli. Gampang kan. Keuntungan terserah anda yang atur, yang penting anda bisa menjual saja.

Cara seperti ini dalam bisnis offline sangat mirip dengan makelar. Jadi makelar tidak punya barang namun menjualkan barang orang lain. Cuman bedanya barang biasanya bisa dilihat langsung sedangkan dalam bisnis online barang biasanya diterima pembeli setelah transaksi pembayaran selesai.

Bagaimana cara mudah memulai bisnis dropship?

Saya kasih tahu trik-nya tapi jangan bilang siapa-siapa ya.

Ok, cara paling mudah adalah memilih penjual terbaik di buka lapak. Lalu posting ulang jualannya di tokopedia, facebook, instagram, pinterest, olx dll dll. Jika anda meragukan barang tersebut akan laku berarti anda normal. Semua pemula merasakan itu dan itu adalah racun bagi semua pebisnis saat memulai bisnis yang baru.

Walaupun di dunia online semua orang bisa mengakses semua data namun belum tentu orang yang melihat barang anda di tokopedia akan menyadari ada barang yang lebih murah ada di bukalapak dan seterusnya. Tipsnya ada di jumlah postingan. Banyakin aja jualannya. Jika belum laku, tambah lagi sampai ada yang beli, dijamin pasti laku.

Sebagai pembanding, jika anda posting 300 item saja, itu masih sedikit ya. Anda harus posting lebih banyak.

Setelah anda melakukan posting-posting kesana kemari dan mulai ada penjualan maka anda harus memulai yang namanya optimasi.

Pertama, posting jangan berhenti. Prinsipnya makin banyak postingan makin besar kemungkinan ada orang yang beli.

Kedua, bikin postingan anda menarik. Anda bisa membayar beberapa tools promo yang disediakan oleh marketplace supaya postingan anda lebih mudah ditemukan pembeli. Entah itu lebih sering nongol di halaman pertama, diberi warna mencolok, waktu searching selalu muncul dst. Semua tergantung marketplace, manfaatkan secara maksimal. Kan anda sudah dapet modal dari penjualan. 🙂

Ketiga, mulailah membangun brand. Misal, anda ingin memiliki brand sebagai penjual ‘scooby doo’. Anda searching semua penjual di semua marketplace yang menjual barang-barang berbau scooby. Kaos, gelas, mug, jam tangan, tas sekolah, sepatu sampai celana dalam juga boleh. Anda posting di toko online (di marketplace) anda. Maka orang akan mencari scooby-things ke toko anda dan bukan ke tempat lain. Apalagi jika mereka sudah membookmark toko anda (karena itu, selalu dorong pengunjung anda untuk membookmark). Disini anda perlu mengukur kira-kira pecinta scooby-doo cukup banyak enggak. Bandingkan dengan thema lain seperti transformator, mickey mouse, persib, persija, arema, mu, liverpool, x-men dan sebagainya.

Keempat, optimasi social media. Bikin page di google plus dan facebook lalu kembangkan komunitas disitu. Anda bisa saja mengarahkan order melalui page tersebut supaya page-nya makin ramai.

Kelima, keenam, ketujuh dan seterusnya cari sendiri. Tetapi saya jamin masih ada buanyak cara lain untuk mengoptimasi dagangan anda. Bahkan menggunakan cara-cara yang sekarang belum ditemukan. Yang penting … jangan pernah menyerah.