Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal sebagai Publisher

Jika sebelumnya kita membahas mengenai bisnis online tanpa modal dengan cara makelaran dan menjual barang orang lain maka kali ini kita akan membahas mengenai cara berbisnis online sebagai publisher.

Dari namanya terdengar keren. Namun bukan hanya namanya saja yang keren, penghasilannya juga keren. Jika dibanding cara dropship, menjadi publisher perlu waktu sedikit lebih lama (ini relatif ya) karena untuk mendapatkan penghasilan maka anda perlu website.

Ok, kita bahas lebih detail. Menjadi publisher artinya anda akan meletakkan iklan dari vendor iklan semacam adsense, payclick, revenue hits, chitika, infolinks dan masih buanyak lagi. Anda bisa mengoogle vendor iklan-iklan ini dan akan menemukan ratusan mungkin ribuan. Namun saya menyarankan yang sudah saya sebutkan diatas karena cukup banyak teman-teman kita yang sudah berhasil gajian dari mereka.

Perlu diketahui juga bahwa cukup banyak vendor iklan yang scam dan tidak membayar publishernya. 🙂 Bisik-bisik sih adsense juga melakukan itu pada publisher yang nakal dan melanggar term of service nya. Namun sampai sejauh ini issue itu tidak membesar dan masih cukup banyak teman-teman kita yang hidup dari adsense.

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelum anda mennjadi publisher, anda perlu memiliki website yang ramai. Nah disinilah anda perlu mengetahui cara mendatangkan pengunjung ke website anda. Maka anda perlu belajar tentang SEO (Search Engine Optimization) dan Social Engage (Mendatangkan visitor menggunakan kekuatan social media).

SEO, adalah ilmu yang sangat luas dan sangat bergantung dengan algoritma google. Itu wajar saja karena 96% orang didunia menggunakan google sebagai mesin pencari. Mau pakai chrome, mozilla, ucbrowser atau apapun, semua pakainya google. Akibatnya, cara google menentukan sebuah website berada di halaman pertama adalah penentu sebuah web ramai atau sepi.

Demikian juga dengan Social Media. Beda social media beda pula optimasinya meskipun sebagian besar konsepnya mirip namun technicalnya sama. Anda tentu pernah meliat tagar di twitter, nah tagar itu bisa dioptimasi supaya menunjukkan konten anda. Ini akan membuat konten anda menjadi viral dan dilihat banyak orang. Alhasil, link yang anda sematkan di konten tersebut akan menuai banyak click dan visitor web anda meningkat seiring kekuatan viral yang timbul. Ini bisa dilakukan pula di youtube, instagram, facebook dan sebagainya.

Kembali bicara menjadi publiser. Umumnya vendor iklan mempersyaratkan publisher berumur 18th atau lebih karena vendor iklan umumya berkantor di amerika atau eropa yang hanya mengijinkan mempekerjakan orang dewasa (diats 18tahun). Jika anda belum 18th sebaiknya anda tidak usah mencoba. Namun kalau anda kebelet ya masih banyak cara mencuranginya namun tetap beresiko. Cari saja di google, banyak cara mencurangi google. 😀

Apapun pilihannya, biasanya anda akan mengerti jika anda sudah mencoba. Jadi kesimpulannya, mulai bisnis anda sekarang juga. Apapun pilihannya.