Cara Optimasi Adsense agar Penghasilan Naik Tajam Cepat dan Aman

Mari Berbagi

Apa yang membuat orang berlangganan koran? Tentu saja karena informasinya yang selalu up to date. Maka, hampir dapat dipastikan bahwa jika Anda mengunjungi suatu web atau blog, yang Anda cari tentulah isi atau informasi yang ada dalam halaman web atau blog tersebut.

Di samping kaya akan content, gunakan juga format iklan di mana pengunjung melihatnya bukan sebagai iklan, tetapi seolah seperti link halaman itu sendiri. Untuk itu, diperlukan teknik optimasi agar AdSense Anda bisa tampil semenarik mungkin. Berikut adalah beberapa trik optimasi AdSense yang dapat Anda lakukan.

Menata letak AdSense

Di mana Anda bisa menempatkan iklan AdSense? Google memberi tip penempatan AdSense yang bisa Anda lihat di https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id
Pada intinya, Anda bisa menempatkan script AdSense pada bagian-bagian berikut:

Script atau kode AdSense for content memiliki format sebagai berikut (nomor urut dibuat sendiri oleh penulis untuk memudahkan penjelasan):

Dari 16 poin tersebut, terdapat beberapa poin penting yang sebaiknya Anda pahami, yaitu:
1.) “pub-” adalah kode untuk pemilik AdSense.
2.) data-ad-format adalah format dari iklan, anda bisa merubahnya di setingan adsense, sebaiknya pilih text ads
3.) data-full-width-responsive adalah ukuran ads yang bersifat responsive, jadi akan otomatis menyesuaikan lebar layar client

Secara umum anda tidak perlu melakukan edit pada script ikaln, jika ada layout yg kurang cantik, tampilan yang kurang pas, atau anda ingin mengupdate content nya silakan langsung update di account adsense anda. Tidak perlu kemampuan coding untuk melakukannnya karena tampilan oleh google dibuat user friendly.

Berikut adalah beberapa tip agar iklan AdSense yang Anda pilih bisa mendatangkan banyak klik dari pengunjung.

Bahasan Mendalam di:  Cara Jadi Kaya dengan Google

1. Pilih Format Text

Berdasarkan beberapa sumber dan pengalaman, format iklan terbaik untuk meningkatkan revenue AdSense adalah iklan dalam format text, bukan gambar (picture). Format iklan berupa gambar jarang sekali di-klik oleh pengunjung karena gambar atau banner yang muncul seringkali dianggap sebagai ‘pesan sponsor’ yang tidak ada hubungannya dengan content atau tidak dibutuhkan oleh visitor.

Berbeda dengan format text, orang merasa yakin bahwa iklan tersebut merupakan bagian dari content itu sendiri. Lalu, format text apa saja yang sebaiknya Anda pakai? Format text untuk AdSense yang banyak di-klik oleh pengunjung adalah:

a. Large Rectangle (336×280), Tempatkan iklan ini pada bagian primary content. Sebisa mungkin, tempatkan di bagian atas atau tengah primary content.
b. Medium Rectangle (300 x 250), Format ini di samping bisa digunakan di atas atau tengah seperti large rectangle, juga bisa digunakan jika halaman web Anda ingin menempatkan AdSense di bagian kanan atau kiri.
c. Wide Skyscraper (160×600), Format ini tepat ditempatkan di halaman web atau blog yang memiliki kolom di bagian kanan. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan para pengunjung yang menggunakan mouse dengan tangan bagian kanan.
d. Leaderboard (728 x 90), Format ini bisa optimal jika ditempatkan di top level navigation atau bagian paling atas halaman. Kelemahan format ini adalah jika ditempatkan di suatu situs bisnis terkadang justru akan mengganggu bisnis itu sendiri.

Sebaiknya anda secara khusus membaca artikel mengenai penempatan ads di web anda disini: penempatan adsense, Dengan memahami artikel tersebut anda akan terhindar dari banned.

2. Pilih Format Link

Iklan berformat link ini memang terlihat sangat kecil bentuknya, jika dibandingkan dengan kedua iklan adsense sebelumnya (Iklan berbentuk teks dan gambar). Namun anda jangan menganggap sepele terkait iklan adsense berbentuk link (Tautan) ini. Karena iklan ini juga akan mampu memberikan hasil yang memuaskan, jika dipasang pada blog atau website yang sesuai.Salah satu blog atau website yang cocok untuk menampilkan iklan adsense berbentuk link, adalah blog atau website yang memiliki topik berita. Alasannya, konten berbentuk berita merupakan konten yang selalu rutin diupdate.

Bahasan Mendalam di:  Pondasi Pentіng Yang Wajіb Ada Dalam Toko Onlіne

Otomatis, blog atau website yang memiliki konten berita, pastinya merupakan blog yang kaya akan konten.Dengan adanya iklan adsense berbentuk link yang diletakkan di dalam konten website atau blog dengan topik berita, sebagian besar pengunjung akan mengira bahwa iklan adsense tersebut merupakan link berita yang terkait.Dengan demikian, iklan adsense tersebut akan berpeluang besar untuk mendapatkan klik. Nah, 3 (Tiga) jenis iklan adsense di atas pastinya akan memberikan hasil yang berbeda-beda untuk setiap blog atau website yang ada.
Pastinya ada blog atau website yang cocok dengan iklan berbentuk gambar, dan mungkin tidak cocok dengan iklan berbentuk teks. Begitu juga sebaliknya. Untuk itu, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Memilih Warna Text

Warna yang Anda pilih akan sangat menentukan perolehan klik. Sebaiknya, warna tulisan untuk iklan (text) disamakan dengan warna tulisan atau artikel yang ada pada halaman web atau blog. Untuk alamat URL, Anda bisa menghilangkannya. Untuk warna judul iklan (gambar 9.1) usahakan untuk sama dengan warna link (jika ada). Biru cerah atau merah dapat menjadi alternatif yang bisa Anda gunakan. Untuk mengubah atau mengedit warna tulisan. Google memberi masukan terkait warna dan bisa anda baca disini (bahasa indonesia) https://support.google.com/google-ads/answer/7169993?hl=id

Memilih border dan Backgraund

Setelah Anda menentukan format iklan beserta warnanya, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah border iklan. Pilihlah border dan background iklan sesuai dengan background halaman web atau blog Anda. Dengan kata lain, buanglah border. Jadi, bila halaman web atau blog Anda berwarna putih misalnya, maka settinglah border dan background iklan dengan warna putih. Dengan begitu, tidak lagi ada border atau garis pada iklan.

Bentuk ‘samaran’ semacam inilah yang banyak mengundang klik karena iklan dianggap pengunjung sebagai bagian atau link dari web atau blog itu sendiri.
Jika background dan border tidak disesuaikan, tampilan yang muncul bisa mengganggu.

Langkah detail untuk menyesuaikan border dan background bisa Anda lakukan dengan prosedur di bawah ini:
a. Pada AdSense Setup, pilih Ad unit lalu Continue.
b. Pada AdSense for content, Anda bisa menyesuaikan AdSense sesuai
keinginan dengan membuat format dengan cara memilih warna di bawah Palletes. Pilihan yang Anda buat akan muncul di bagian Sample.

Bahasan Mendalam di:  Blog Gratis Penghasil Dolar

Mari Berbagi