Cara Riset Keyword Menggunakan Google Keyword Tool (GKP)

Riset keyword adalah aktivitas utama dari seorang blogger atau Internet Marketer yang mengandalkan visitor datang dari search engine. Inti dari riset keyword adalah menemukan kata kunci paling sering digunakan oleh pengguna search engine.

Karena search engine didominasi oleh google maka Google Keyword Tool adalah tools paling tepat untuk digunakan. Sejatinya GKP adalah tools yang disediakan bagi para pemasang iklan melalui program adwords. Seorang pengiklan memerlukan pengukuran keyword yang akan dibidik terhadap perkiraan visitor dan harga per click nya. Semua disediakan oleh adwords. Namun pada kali ini kita hanya menggunakan data jumlah pencarian yang didapat dari masa lalu saja.

Ada 4 macam jenis keyword paling digunakan oleh internet marketer yaitu keyword utama, long tail keyword, keyword musiman dan keyword abadi.

Keyword Utama adalah kata kunci yang menjadi tema dari website, biasanya berkecenderungan dekat dengan niche. Contoh keyword utama: Rumah Mewah, Mobil Sport, Wight Loss, Barang Bekas dll. Keyword utama biasanya terdiri dari 1-3 suku kata saja.

Longtail Keyword adalah kata kunci yang diturunkan dari keyword utama. Mengandung keyword utama dan biasanya lebih dari 4 suku kata. Longtail Keyword ini memiliki tingkat pencarian yang lebih rendah dari keyword utama sekaligus memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah pula.

Keyword Musiman adalah cara pandang popularitas keyword terhadap waktu. Keyword musiman sangat berkaitan dengan kejadian tertentu misalnya saat pilkada maka keyword musimannya adalah para calon kepala daerah, isu-isu para calon atau kasus-kasus yang menyertainnya. Demikian pula saat piala dunia maka keyword-keyword tentang bola banyak dicari. Jika anda bisa mengatur ritme keyword ini maka blog akan kebanjiran visitor dalam selang waktu yang pendek, yaitu sampai isuenya habis.

Keyword Abadi sebaliknya, peningkatan dan penurunannya tidak signifikan oleh pengaruh berita maupun event tertentu. Contoh keyword musiman adalah Sejarah Kemerdekaan, Konversi dan Rumus, Pengetahuan Umum dan semacamnya. Keyword semacam ini sangat berharga karena visitor dan keyword semacam ini bisa menarik visitor secara stabil ke website.

Langkah-Langkah Riset Keyword

Sebelum memulai, kita akan melakukan strategi keyword dengan persaingan rendah. Jadi kita akan gunakan longtail keyword dengan model sebisa mungkin keyword abadi. Berikut langkahnya:

1. Menentukan Keyword Utama

Sebagaimana dibahas diatas, keyword utama harus ditentukan dan disesuaikan dengan websitenya. Kalau bisa malah usahakan keyword utama ada di domain name. Anggap saja kali ini kita akan mengambil ‘Android’ sebagai keyword utama.

2. Mengumpulkan Keyword Turunan

Anda bisa menggunakan ubbersugest.org untuk mendapatkan long-tail-keyword. Masukkan area Indonesia (jika keyword yang anda riset berbahasa indonesia). Contoh kita pakai keyword utama = android.

cara riset kiwod long tail keyword google

Kemudian akan muncul hasilnya seperti ini:

cara mendapatkan keyword dengan benar

Terlihat keyword yang kita dapatkan masih termasuk keyword utama. Anda bisa click tanda plus untuk mendapatkan keyword turunannya sampai ketemu long tail keyword (4 kata atau lebih).

Long Tail Keyword Visitor Banyak

Kemudian kita download keyword-keyword hasil riset tersebut. Click Select All Keywords untuk memblok semua hasil pencarian.

research kiwod long tail

Kemudian click get untuk mencopy semua keyword yang sudah terblock.

menentukan keyword blog

Kemudian buka notepad dan pastekan didalamnya. Kemudian simpan.

riset kata kuci mudah dan cepat

Nah sekarag kita punya sekumpulan long tail keyword yang potensial kita gunakan. Anda boleh memilah-milah lagi dan hanya mengambil yang panjang-panjang saja atau membiarkannya seperti itu.

Selanjutnya kita akan mengukur seberapa banyak pencarian per bulan menggunakan tools Google Keyword Planner (GKP).

Pertama anda masuk ke adwords.google.co.id/KeywordPlanner, jika anda belum terdaftar silakan registrasi.

riset kiwod dengan google keyword planner

Pertama Click Get search volume data and trends, kemudian upload sekumpulan keyword yang tadi kita simpan dalam notepad. Lalu mulai pencarian dengan click Get search volume.

Anda akan mendapatkan sekumpulan data mengenai keyword yang kita riset tadi. Kemudian click Download.

riset kiwod paling effektif

Pilih format csv supaya bisa kita proses dengan excel.

riset kiwod effektif

Nah sampai disini kita sudah mendapatkan sekumpulan keyword dan data pencarian per bulannya. Data google cukup akurat sebagai acuan kita membangun blog maupun menyiapkan artikel.

Para minisite builder biasanya membidik keyword dengan pencarian rendah dan competitor rendah, pemain besar biasanya membidik pencarian tinggi dengan competitor sedang dan tinggi.

Nah saatnya sekarang kita mengukur kekuatan competitor keyword tersebut. Sukur-sukur kita dapatkan keyword dengan pencarian tinggi dengan competitor rendah. 

Kita akan mudah masuk ke halaman pertama bahkan posisi pertama jika competitior rendah. Jika pencariannya tinggi maka visitor yang datang dijamin banyak.

 

Selanjutnya install di chrome atau mozilla anda plugin atau extension dengan nama SEOQuake atau MozBar. Kemudian lakukan pencarian berdasar keyword yang tadi anda bidik.

riset keyword SEOQuake atau MozBar

Semua parameter diatas bisa anda gunakan untuk mengukur tingkat persaingan. Semakin kecil I (index) berarti semakin mudah dikalahkan, semakin kecil alexa rank berarti semakin sulit dikalahkan, Web dengan age yang tua juga lebih sulit dikalahkan dan seterusnya.

Pendekatan lain bisa anda gunakan dengan membatasi keyword yang memiliki jumlah pencarian diatas 500ribu. Hindari keyword yang banyak dikuasai web-web besar seperti wikipedia, cnn, kompas dll

Jika anda menggunakan MozBar anda bisa menghindari persaingan dengan web-web dengan Domain Authority diatas 50.

Demikianlah, anda sudah mendapatkan sekumpulan keyword yang bisa menjadi bahan pembuatan web maupun bahan bikin artikel. Dengan disiplin untuk bekerja selalu berdasarkan riset maka anda akan mengefektifkan hasil kerja dan dijamin melihat peningkatan jumlah visitor yang cukup lumayan.

Selamat mencoba dan semoga sukses.