Cara Riset Keyword Menggunakan Iklan Google Search

Kembali kami membagi methode riset keyword karena riset keyword adalah pangkal dari hampir semua aktivitas bisnis online. Keyword yang buruk menghasilkan visitor yang sedikit dan penghasilan yang kecil. Ini otomatis saja.

Pasca perubahan fungsi adwords keyword planner para Internet Marketer ribut mencari cara riset keyword terbaik. Kami sudah memposting beberapa artikel tentang riset keyword ini dan semua methode tersebut working alias berfungsi dengan baik. Kini kami sharing lagi cara riset keyword yang lebih simple dan mudah digunakan namun kurang terukur. Tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk dibanding methode sebelumnya semuanya murni alat untuk mendapatkan keyword yang mendatangkan visitor. Semua methode tersebut akan makin optimal jika anda sering menggunakannya dan memahami kekurangannya dan kelebihannya. Kami juga mendorong untuk mengkombinasikan methode-methode riset keyword ini untuk menambal kekurangan yang ada dan mengefektifkan kualitas keyword yang didapat.

Riset Keyword dengan Mengekstrak Iklan Google

Pertama buka google.co.id (untuk web lokal) dan google.com (untuk web intenasional) lalu clear cache pada browser. Ini penting karena google menggunakan cache, cookies, history dan lainnnya untuk tampilan hasil pencarian.

cara membersihkan cookies history cache

Kemudian masukkan keyword utama pada kolom pencarian google dan click search.

riset keyword paling mudah dan gratis

Kemudian alihkan pandangan anda dari hasil pencarian dan justru fokus pada iklan yang muncul. Iklan tersebut muncul dari program adwords dan pasti menggunakan adwords keyword planner maupun tools riset keyword yang lebih baik. Pantengin keyword yang muncul dan perhatikan teks-teks yang penting seperti contoh. ini berlaku untuk semua keyword. Jika anda ragu, copy semua kalimatnya. Itu sah-sah saja.

Dari hasil penggabungan keyword tersebut bisa anda gunakan untuk bahan membeli sebuah domain, untuk deskripsi atau title sebuah website atau untuk title dan keyword artikel. Perlu diingat dengan metode ini anda mendapatkan keyword yang berkualitas. Jika anda menginginkan optimasi dan perlu mencari keyword yang paling mudah anda bisa melakukan pengukuran menggunakan SEOQuake dan MozBar seperti yang kami sharing di artikel sebelumnya.

Atau menggunakan google search dengan pencarian fix keyword seperti berikut:

fix keyword search google

Dengan meletakkan tanda petik di depan dan belakang keyword turunan maka anda dapatkan hasil pencarian dengan keyword yang persis seperti yang anda ketikkan. Contohnya keyword “laptop terbaik murah dan bebas ongkir” ternyata tidak memiliki pesaing sama sekali. Jadi jika anda membuat artikel tersebut maka dalam SERP kemungkinan sangat besar artikel anda akan muncul di halaman pertama bahkan di baris pertama.

Atau misalnya anda copy langsung keywordnya seperti ini:

cara riset persaingan kecil

Terilhat disana ada 2050 situs yang menggunakan keyword “jual laptop dan komputer murah”. Artinya anda harus bersaing dengan lebih dari 2000 website untuk mendapatkan halaman pertama. Tentu lebih baik anda mengukur seberapa berkualitas 2000 situs tersebut dengan berbagai pengukuran yang valid. Namun jika anda tidak mau ribet anda bisa main tubruk dengan memastikan on-page SEO anda baik. Silakan tunggu artikel selanjutnya yang membahas secara tuntas on-page seo yang didalamnya menyangkut optimasi keyword pada artikel, optimasi alt, optimasi keyword pada image, optimasi hi h2 h3, penempatan gambar dan iklan dan sebagainya.

Apapun methode yang anda ambil pastikan anda tidak sekedar posting tanpa riset karena effort yang anda keluarkan untuk membuat artikel sudah sepantasnya mendapatkan hasil.