Cara Riset Keyword Menggunakan Keyword Related Google Search

Kembali saya menyampaikan cara riset keyword yang simpel dan efektif. Kali ini masih menggunakan google search sebagai tools-nya. Pertama buka browser dan bersihkan cache, cookies dan history. Matikan pula deteksi lokasi oleh google. Kalau di chrome gunakan menu seperti ini:

cara membersihkan cookies history cache

Kemudian masukkan keyword utama di kolom pencarian dan click search.

Selanjutnya abaikan hasil pencarian dan fokuskan pandangan anda pada bagian paling bawah pencarian. Terlihat google memberikan suggestion beberapa long tail keyword yang berhubungan dengan keyword yang dicari. Google memunculkan itu karena keyword tersebut sering dicari (artinya keyword tersebut berharga).

Sebenarnya google cukup baik hati dengan memunculkan long tail tersebut karena ingin membantu pencarian. In case yang dicari tidak ditemukan, orang pasti lihatnya ke bawah. Nah, google memberikan suggestion beberapa keyword yang mungkin lebih tepat bagi user.

Keyword-keyword tersebut disebut Latent Semantic Indexing. Tampilan pada google search paling bawah seperti ini:

cara mencari LSI dengan google search

Keyword-keyword tersebut sangat berharga dan bisa anda langsung gunakan sebagai bahan artikel. Namun sebaiknya anda ukur tingkat persaingan yang kira-kira bisa anda menangkan. Baca artikel kami yang lain karena mengukur tingkat persaingan sudah dibahas tuntas pada artikel lain. Atau gunakan search pada situs ini dengan keyword “mengukur tingkat persaingan”.

Jika tingkat persaingan LSI ini masih sulit anda bisa click salah satu LSI yang akan membawa anda pada pencarian google menggunakan keyword tersebut kemudian ambil LSI dibawahnya yang biasanya memiliki tingkat persaingan lebih rendah.

Riset keyword terkadang memang membosankan namun sangat penting karena akan mengerucutkan pekerjaan anda (membuat artikel, menentukan deskripsi situs, membeli domain) menjadi tertarget. Keyword yang keliru bisa menjerumuskan anda pada keadaan situs yang sepi pengunjung karena minim muncul di pencarian google.

Riset keyword juga bermacam-macam caranya. Semuanya berfungsi dengan baik asal anda mampu menggunakannya dengan benar. Jadi sering-seringlah melakukan riset keyword karena akan mengasah feeling anda terhadap metode tersebut. Setelah beberapa kali menggunakan saya percaya anda akan menemukan cara sendiri yang tepat dengan berbagai variasi riset yang berbeda dengan ini karena saya juga awalnya belajar dari sharing di forum-forum lalu mendapatkan cara riset keyword yang paling nyaman untuk digunakan namun hasilnya cukup memuaskan untuk saya.

Selamat mencoba dan selamat ber-riset keyword.