Dibayar untuk Menulis – Paid to Review

Mari Berbagi

Menulis Mulus Dapat Fulus, enak doong. Ini salah satu bisnis online yang cukup lama bertahan karena demannya ada terus, diantaranya untuk membuat backlink berkualitas dengan niche dan pokok bahasan yang relevan. Disini saya membahas beberapa situs terkenal namun diluar sana ada banyak sekali situs PTR yang lebih besar bayarannya, termasuk PTR non situs berbahasa indonesia yang berkembang di forum-forum bisnis online Indonesia. Silakan dikembangkan sesuai garis tangan masing-masing.

Jika Anda suka menulis, paid to write atau paid to review adalah program yang menyenangkan untuk diikuti. Seperti namanya, Anda akan dibayar hanya untuk menulis opini yang berhasil dimuat tentang suatu produk, layanan, atau website tertentu.

Tulisan bisa direview di blog milik Anda sendiri maupun di blog atau web milik penyedia layanan. Hanya saja, untuk mengikuti program ini, Anda harus cakap menulis dalam bahasa Inggris dan umumnya harus memiliki blog dengan trafik tertentu (jika ingin menulis review atas suatu produk yang pernah dipakai dan mendapatkan bayaran dalam rupiah untuk setiap tulisan yang berhasil dimuat, bisa dicoba di Pintunet.com). Semakin banyak pengunjung blog Anda, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan bayaran lebih. Mengapa seorang penulis, publisher, atau blogger bisa dibayar untuk menulis?

Tidak bisa dibantah lagi, perusahaan atau orang yang memiliki produk, jasa atau apa pun yang ingin dipromosikan (melalui internet) membutuhkan publikasi. Semakin banyak pihak yang mempublikasikan atau mereview produk atau jasa tersebut, semakin besar pula harapan produk atau jasa tersebut untuk dikenal. Oleh karena itu, bukan hal yang mustahil jika advertiser atau pengiklan berani membayar mahal untuk sebuah tulisan yang bisa ditulis di blog yang memiliki banyak pengunjung.

Bahasan Mendalam di:  Cara memulai bisnis pulsa online

Produk atau jasa yang di-review pada suatu blog yang memiliki banyak pengunjung, tentu memiliki peluang besar untuk menjadi lebih dikenal, karena produk yang direview pada umumnya harus menyertakan link ke alamat tertentu yang dimaksud.

Jadi, yang dilakukan oleh publisher atau blogger untuk memulai program ini adalah memiliki blog dengan content berbahasa Inggris. Blog tersebut kemudian akan dijadikan ‘sampel’ saat melamar sebagai penulis. Jika disetujui oleh pengiklan atau advertiser, publisher harus menulis review atau tulisan yang sudah disetujui di blognya dan akan mendapatkan bayaran untuk itu.

Namun, apabila belum memiliki blog, Anda rnasih bisa mengikuti program yang tidak mensyaratkan kepemilikan blog. Salah satunya adalah Daytipper.com. Di situs ini, Anda bisa menulis tip-tip praktis dan ringan setelah login dengan bayaran minimal $1 per posting jika dimuat.

Alamat Lain untuk Paid to Write/ Review

Beberapa alamat berikut memiliki persyaratan yang berbeda bagi publisher yang ingin mendaftar.

  1. About.com
  2. Bloginvesta.com
  3. Bloggerwave.com
  4. Blogitive.com
  5. Blogsvertise.com
  6. Blogtoprofit.com
  7. Buyblogreviews.com
  8. B5media.com
  9. CreamAid.com
  10. Creative-weblogging.com
  11. Digitaljournal.com
  12. Helium.com
  13. Linkworth.com
  14. Loudlaunch.com
  15. Mashable.com
  16. Payperpost.com
  17. Reviewme.com
  18. Smorty.com
  19. Squidoo.com
  20. SponsoredReviews.com (menerima blog dalam bahasa Indonesia).
  21. Shvoong.com
  22. Weblogsinc.com
  23. Wordfirm.com
  24. 451press.com

Langkah untuk Memulai

Ada banyak alamat di mana Anda bisa mengikuti program paid to review. Yang pasti, masing-masing layanan memiliki persyaratan sendiri bagi publisher yang ingin bergabung, seperti niche, umur blog, pagerank, kualitas dan kuantitas content, dan lain sebagainya.

Jadi, apabila belum memiliki blog, Anda bisa membuatnya, baik yang gratisan (di blogger.com atau wordpress.com) atau yang berbayar (memiliki domain dan hosting sendiri). Semakin tinggi page rank (banyaknya pengunjung situs) dan rangking Alexa-nya (dapat dicek di www.alexa.com), semakin mudah untuk mendaftar program ini.

Bahasan Mendalam di:  Bisnis Online Paid To Share

Oleh karena itu, sebaiknya pelajari dahulu persyaratan dan karakteristik masing-masing penyedia program agar Anda bisa diterima. Semakin besar bayaran yang bisa diterima, semakin ketat pula penyedia layanan memberikan persyaratan bagi publisher yang berminat bergabung.

Contoh dalam tahapan berikut, menggunakan Buyblogreviews.com yang mensyaratkan umur minimal blog adalah 30 hari.

  1. Buatlah biog dengan beberapa posting berba hasa Inggris dan jangan sekali-kali melakukan Copy-Paste dari sumber lain.
  2. Setelah blog berumur minimal 30 hari, daftarkan blog tersebut di Buyblogreviews.com. Klik Free Sign-Up.
  1. Isi kolom pada isian Create New Account.
  1. Jika lamaran (blog yang didaftarkan) diterima, Anda akan menerima pemberitahuan lewat email.
  2. Login, lalu klik Manage Blogs jika ingin menambah daftar blog.
  1. Saat login, Anda juga bisa melihat daftar ‘proyek’ yang bisa dikerjakan di All Opportunities.
  1. Klik jenis pekerjaan yang ingin diikuti.
  2. Dalam layar baru yang muncul, terdapat jenis pekerjaan beserta persyaratan yang harus dipenuhi. Lakukan penawaran dengan klik Bid Now jika Anda merasa bisa memenuhi persyaratan tersebut.
  1. Pilih blog milik Anda yang ingin menjadi tempat menulis review.
  2. Jika penawaran yang diajukan diterima, Anda harus segera menyelesaikan tugas tersebut dengan menuliskan-nya di blog. Jangan lupa melihat persyaratan yang harus dipenuhi. Misal, dalam tulisan harus menyertakan link ke alamat-alamat tertentu dan jumlah minimal katanya.
  3. Jika review tersebut diterima, Anda akan mendapatkan bayaran.
  4. Untuk menambah pundi-pundi dolar, review sebanyak mungkin!

Mari Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *