Membangun Bisnis Online Shop

Mari kita belajar tentang bisnis online shop. Karena artikel ini ditujukan untuk pemula maka kita mulai dari yang modalnya minim yaitu menjualkan barang orang lain. Pilihan ini adalah yang terminim dari yang minim karena dengan menjadi makelar online kita tidak perlu menyetok barang artinya nggak perlu uang buat beli stok.

Ditinjau dari resiko juga lebih kecil karena kalau tidak laku juga nggak rugi karena kita belum mengeluarkan uang untuk modal jualan. Istilahnya bebas resiko.

Bisnis Online Shop

Langkah pertama siapkan:

  1. Komputer/Laptop
  2. Jaringan Internet
  3. Vendor yang produknya bisa anda jual (bisa online, bisa offline)
  4. Toko Online
  5. Semangat Baja

Kita mulai saja, no 1 dan 2 adalah sarana. Setelah siap kita masuk ke no 3. Disini anda boleh mencari vendor produk secara offline maupun online. Cukup banyak teman-teman kita yang berhasil menjualkan kain batik dari pasar, helm paint brush milik temannya, kaos dari pedagang online di kaskus, furniture dari mebel seberang jalan bahkan kasur.

Disini terlihat bahwa apapun bisa dijual dan kita tidak tahu seberapa besar serapan pasar, seberapa antusias calon pembeli, sebelum kita mencoba memasarkannya.

Selanjutnya kita anggap saja anda sudah menemukan vendor yang anda ingin jual barangnya. Anggap saja dia vendor sepatu KW merk naiki :). Anda sudah koordinasi dengan penjual dan penjual setuju untuk mengirimkan produknya ke konsumen anda dengan nama anda. Disini sebaiknya anda mencari peluang diskonan karena jika sistem ini berhasil maka anda akan dapat orderan banyak dan penjual aslinya tentu akan sangat diuntungkan.

Selanjutnya kita masuk ke langkah ke 4 yaitu membangun toko online. Disini ada beberapa cara untuk membangun toko online. Yang pertama adalah cara paling tidak bermodal yaitu menjual di marketplace semacam tokopedia, bukalapak dan olx. Anda cukup mendaftar disana dan mulai menjual  barang yang tadi anda dapatkan. Tips yang perlu saya tekankan disini adalah kejujuran. Anda harus melayani konsumen sebaik mungkin, sejujur mungkin karena marketplace semacam ini dilengkapi dengan review dan feedback pembeli untuk menilai penjual. Penilaian ini bisa dilihat semua orang termasuk oleh calon pembeli anda. Jika anda dinilai kasar, lambat respon, barang tidak bagus dll maka calon pembeli biasanya membatakan order. Jika anda menjual barang KW dari awal anda harus menyatakannya pada calon pembeli.

Cara lain adalah dengan memposting di instagram atau facebook. Apalagi sekarang ini di facebook mulai banyak group-group yang ditambah fungsi jualan jadi serasa di olx. Cara ini ternyata cukup menghasilkan apalagi untuk barang-barang yang menarik jika ditampilkan dalam bentuk foto. Jika barang cukup unik bisa saja produk anda menjadi viral dan laris manis. Beberapa trik seperti membeli like, membayar orang untuk melakukan fake review dan reshare bisa meningkatkan penjualan secara signifikan. Namun apapun yang anda lakukan jika barang yang anda jual sesuai dengan yang anda janjikan maka bisnis anda bisa bertahan lama.

Cara paling profesional adalah dengan membangun website sendiri. Cara ini memungkinkan anda mengoptimasi situs anda secara maksimal. Anda bisa memberikan tampilan sangat profesional dan SEO secara maksimal. Biasanya yang melakukan hal ini adalah pengusaha yang serius dengan usahanya. Anda memerlukan sebuah hosting untuk menyimpan cms anda. Cms toko online juga sangat banyak, anda bisa menggunakan magento atau wordpress. Theme wordpress yang mendukung toko online bisa anda simak disini.

Jika toko online anda sudah online dan bisa diakes visitor maka anda menginjak ke langkah kelima yaitu langkah baja. Disini jangan diartikan anda bermental baja menunggu pembeli. Bukan itu yang saya maksud, anda harus memarketingkan produk dan toko online anda.

Anda bisa sharing di social media, pasang iklan di adwords, ngiklan di faceook, bikin fans page, melakukan email marketing dan sebagainya. Lakukan marketing tersebut terus menerus dan sedikit demi sedikit penjualan anda akan terus naik.