Rekomendasi bisnis online untuk mahasiswa

Mari Berbagi

Sebagai mahasiswa kamu harus aktif dan kreatif sehingga waktu yang kamu punya gak terbuang sia-sia hanya untuk main, kamu juga bisa menggunakan waktumu untuk menjajal bisnis online buat nambah-nambah uang jajan atau untuk kehidupan sehari-hari.

Apalagi kalau kamu anak kos nih, kalau punya usaha sampingan sendiri kan kamu gak perlu lagi menunggu-nunggu kiriman dari orang tua jadi kamu bisa sedikit meringankan beban orang tua apalagi jika kamu berasal dari keluarga yang ekonominya pas-pasan. Untuk itu, berikut kami berikan rekomendasi bisnis online untuk mahasiswa tanpa harus keluar modal banyak dan tak mengganggu waktu belajar mahasiswa.

Menjual makanan ringan

Tentu disini target utama dari konsumen kamu adalah teman-teman kamu sendiri, makanan ringan meskipun terlihat sepele namun cukup di gemari oleh banyak orang. Dengan melihat peluang ini kamu bisa menjual makanan ringan ke temen-temenmu sendiri di kampus.

Biasanya jualan makanan ringan akan laris manis karena kebanyakan mahasiswa males ke kantin atau ke mini market jadi kalau ada yang menjajakan jualan makanan ringan online dan bisa COD pasti mahasiswa akan lebih memilih membelinya.

Meskipun prosentase keuntungan setiap bungkusnya tidak terlalu besar tapi kalau kamu bisa menjualnya dalam jumlah yang banyak lumayan kan bisa balik modal dan ada lebihnya buat laba atau keuntunganmu.

Menjual pulsa

Menjual pulsa juga bisa di jadikan pilihan bisnis online yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa karena berjualan pulsa bisa di lakukan kapanpun dan dimanapun tanpa menguras waktu dan mengganggu belajar mahasiswa, kamu dapat mempromosikan penjualan pulsa kamu melalui media sosial atau melalui grup-grup mahasiswa yang ada di kampusmu.

Semakin banyak yang tau maka peluang kamu untuk mendapatkan konsumen maka akan semakin besar pula tentunya. Jangan gengsi dan jangan malu yang penting kamu melakukan semua itu dengan halal.

Menjadi guru les privat

Processed with VSCOcam with a5 preset

Kalau kamu memiliki kemampuan akademik yang bagus maka gak ada salahnya kamu mencoba menjadi les guru privat, kamu bisa menawarkannya melalui online dengan memasang iklan di sosial media kamu atau kamu bisa juga menginformasikan ke tetangga-tetangga terdekat mu kalau kamu menerima les privat untuk anak-anak.

Pastikan kamu mengajar les privat tersebut tidak berbenturan dengan jadwal kuliah, maka kamu harus memberikan jadwal kepada orang tua atau murid yang mengikuti les privat agar bisa di sesuaikan jadwalnya.

Tentukan patokan harga yang sewajarnya, misalnya dengan sistem paket berapa kali pertemuan atau per jam juga bisa. Yang pasti kamu harus melihat pasar dan melihat kemampuan dari rata-rata orang tua murid untuk membayar les privat.

Menjadi freelance online

Kamu juga bisa menjadi freelance dan menawarkan dirimu secara online dengan mengiklankan kelebihanmu di sosial media seperti misalnya jika kamu memiliki kemampuan dalam hal design maka kamu harus mengiklankan dirimu dengan menunjukan hasil karya original dari design kamu sehingga kamu bisa di lirik oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa design mu.

Itulah beberapa contoh bisnis yang bisa di lakukan oleh mahasiswa, tapi ingat mahasiswa kewajiban utamanya adalah belajar. Jadi jika kamu ingin memulai bisnis online maka kamu harus bisa membagi waktu dan menyeimbangkan antara belajar dengan bisnis online yang akan kamu jalani. Jangan sampai hanya karena menjalankan bisnis online malah kuliahmu jadi terbengkalai dan tidak maksimal belajarnya ya.


Mari Berbagi