Seberapa Banyak Kita perlu Belajar CSS?

CSS adalah bahasa pemrograman untuk frontend, jadi kalau kita mau mengatur tampilan web mau gak mau harus pakai CSS. CSS sudah berkembang hingga CSS3 dan mampu mendukung perubahan besar pada tampilan web modern termasuk animasi dan game. Untuk belajar CSS sampai bisa membuat sebuah web game tentu memerlukan pengetahuan CSS yang cukup dalam dengan segala kerumitannya.

Nah, bagi programmer pemula atau bagi full-stack developer yang outputnya adalah website/blog apakah perlu mempelajari CSS sampai sedalam itu? Tentu tidak lah, karena belajar itu investasi waktu dan tenaga. Mending kita fokus pada beberapa property yang wajib kita ketahui di CSS lalu bisa belajar yang lain yang lebih dibutuhkan. Dari total sekitar 300++ property kita cukup belajar 20-an property saja. Nah, berikut adalah beberapa property CSS yang wajib kita ketahui atau pelajari kalau mau jadi web programmer.

  1. bacground dan color

Ciri khas situs web yang bagus adalah skema warnanya. Warna adalah sesuatu yang pertama kali ditangkap oleh visitor saat pertama kali mereka mengunjungi halaman web Anda. Karena itu, sebelum belajar yang lain, pastikan anda memahami dan mampu mengaplikasikan property background (termasuk background-color, background-image) dan property color (termasuk penggunaan nama, HEX, shortHex dan punya kumpulan pallet warna). Cukup banyak web yang menyediakan kumpulan pallet warna, search saja dengan keyword color pallete.

2. box-model

Pengaturan area adalah salah satu property yang bakalan kita temui terus di setiap pembuatan halaman web. Pertama kita harus paham banget konsepnya, cek gambar berikut:

Disini kita patut mempelajari setidaknya peorperty Height, Width, Padding , Border, Margin. Wajib praktek ya untuk bisa paham. Pelajari juga perbedaan antara px, rem, %. Pilih mana yang terbaik untuk anda saat aplikasi tertentu.

Bahasan Mendalam di:  10 Hal Keren tentang HTML yang Gak Semua Programmer Tahu

3. Typography

Ini otomatis saja ya, karena semua halaman web menggunakan huruf. Kita wajib tahu penggunaan tepat H1, H2, macam-macam font dan kesan yang ditimbulkan terhadap content, warna font, jarak antar baris dsb. Penting juga untuk memahami list karena saat anda membuat menu anda akan menggunakan list. Pelajari juga penggunaan icon seperti font-awesome atau SVG.

4. layout

Nah, disini anda akan belajar makin kompleks karena property yang berhubungan dengan layout cukup banyak. Dan yakin sekali bahwa anda tidak akan memahami secara penuh tanpa praktek, jadi pastikan anda tidak lelah untuk praktek. 3 hal yang patut anda pelajari adalah CSS Positioning termasuk penggunaan px, rem dan %, pengaturan dengan property flexbox dan pengaturan menggunakan grid (anda bisa memulainya dengan belajar grid di bootstrap karena ini yg paling populer).

Penataan layout situs web Anda sangat penting karena menyangkut navigasi dan visualisasi konten situs anda. Content berharga bisa menjadi sangat tidak menarik jika layoutnya amburadul. Selain belajar teknisnya, anda juga patut mengasah feeling rasa seni layout dengan membandingkan berbagai macam layout terhadap contentnya.

5. Responsive Web Design

RWD adalah konsep, bukan property. Langkah pertama anda pelahari media-query dan mempraktekannya sampai paham. Setelah itu untuk mempersingkat waktu anda bisa meloncat ke pembelajaran framework bootstrap (atau tailwind). Mempelajari framework akan menghemat waktu anda dalam mengaplikasikan konsep responsif ke dalam desain web anda.

Nah, selamat mencoba dan yang pasti jangan lupa untuk praktek, praktek dan project. Karena hanya dengan mengcoding dg tujuan anda akan memahami cara dan konsep secara matang.

Mari Berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •