Tema WordPress untuk Situs Pemerintahan Indonesia

Berkembangnya pengguna internet memicu banyak pihak untuk membuat website dengan tujuan menyebarkan beragam informasi. Tidak terkecuali instansi pemerintahan, yang memanfaatkan website sebagai pusat informasi mulai dari pemberlakuan aturan daerah/negara hingga rancangan kegiatan.

Namun dalam  pembangunan website pemerintahan tersebut, pentingnya memperhatikan tata letak dan tema yang bagus. Karena tema WordPress untuk situs pemerintahan sangat dibutuhkan agar menampilkan kualitas informasi yang memadai. Desain website yang bagus dan tata letak yang rapi, membuat pengunjung lebih mudah menyerap informasi yang ada.

Mengingat pengguna website berbasis WordPress cukup banyak, butuh desain tema apik agar pengunjung situs mudah menyerap segala informasi. Nah, pada kesempatan kali ini kami sampaikan beberapa tema WordPress untuk situs pemerintahan yang patut Anda aplikasikan untuk menunjang segala aktivitas.

1.City of WP (Municipal & Local Government Theme)

City of WP adalah tema WordPress dari pengembang template ternama, yakni Dancci. Template ini menggunakan tema khusus pemerintahan yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif bagi pengembang website pemerintahan melalui WordPress.

Pada bagian header-nya Anda bisa mengakomodir penggunaan logo lebih panjang. Mayoritas penggunaan website pada instansi pemerintahan Indonesia mempunyai teks pada bagian logo. Dengan demikian template ini bisa Anda gunakan sebagai alternatif terbaik.

City of WP mengharuskan Anda mendapatkannya melalui prosedur resmi, berupa izin lisensi penggunaan seumur hidup dengan membayar 54 US Dolar. Sekarang tema WordPress City of WP sudah diunduh dengan jumlah hampir menyentuh angka 500 pengguna.

2.Liberty (Your Political WordPress Theme)

Download disini Gratis.

Liberty merupakan tempelate WordPress hasil ciptaan themeblossom yang khusus tema WordPress untuk situs pemerintahan. Sekilas jika diperhatikan, tampilan utama dari Liberty seperti website pemerintahan Amerika Serikat beberapa tahun kemarin.

Pada Liberty, template menggunakan logo tengah sebagai ciri khas dan menghasilkan kesan formal. Tema WordPress satu ini memang sangat pas jika digunakan pada lembaga tingkat kepresidenan, kementerian, maupun pemerintahan daerah (kota/kabupaten).

Untuk mendapatkan tema dari Liberty Anda diminta mengeluarkan isi dompet sejumlah 39 US Dolar. Harga tersebut tergolong murah. Seperti halnya dengan tema WordPress pertama tadi, Anda bisa menggunakannya seumur hidup, tetapi jika ingin mendapat dukungan harus memperpanjang izin. Soal di mana mendapatkannya, Anda hanya perlu mengunjungi situs marketplace themeforest, yang sudah laku hingga 700-an pengguna.

3.PoliticalWP (Multipurpose Political, Campaign, Election WordPress Theme)

PoliticalWP merupakan tema WordPress milik ThemeSLR yang didistribusikan ke marketplace themeforest. Template PoliticalWP telah diunduh lebih dari 500-an pengguna dan mempunyai berbagai macam layout. Bagi pengguna pemula mungkin akan bingung dalam memilih karena saking banyaknya layout bagus yang dimilikinya.

Ada dukungan plugin untuk membangun halaman kreatif WP Page Bulider. Dengan begitu menjadikan template PoliticalWP menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapat kemudahan.

Memperoleh tema PoliticalWP lumayan murah. Lisensi PoliticalWP dibanderol seharga 59 US Dolar. Anda bisa mendapat dukungan dari pengembang selama enam bulan sebagai lisensi standar dari themeforest.

4.CityGov (City Government & Municipal WordPress Theme)

CityGov merupakan template WordPress yang menggunakan tema pemerintahan (government). Template ini mempunyai berbagai fitur website modern, seperti tema kesan formal yang cocok untuk instansi pemerintahan serta mendukung tampilan responsive.

Download Free disini

Harga CityGov senilai 54 US Dolar yang bisa didapat melalui website marketplace themeforest. Template CityGov ini memang lebih sedikit jumlah penggunanya, sekitar 369, namun kualitas yang disediakan pun tidak kalah dengan tema lainnya. Keunggulan dari CityGov adalah dibangun menggunakan dukungan pada plugin elementor yang menjadi plugin WordPress.

Selesai sudah penjelasan kami mengenai 4 tema WordPress untuk situs pemerintahan. Melalui artikel ini semoga Anda bisa mendesain tema situs pemerintahan secara cantik dan elegan. Selamat memilih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *