Tips Dalam Memilih Media Sosial Sebagai Media Promosi

Mari Berbagi

Saat ini media sosial telah menjadi fenomena di masyarakat. Dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial itu memang akan membuat bisnis kehilangan pangsa pasar jika mereka meninggalkannya. Tetapi karena sekarang kita telah menjumpai banyak media sosial, maka mau tidak mau Anda sebagai pengusaha harus dapat memilih yang tepat. Karena dengan keterbatasan waktu yang Anda miliki tentu saja Anda akan kesulitan mengaturnya, jika Anda harus memilih semua media sosial. Namun bagaimana caranya agar bisa memilih media sosial yang tepat untuk bisnis. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memilih media sosial yang tepat untuk bisnis Anda.

Tentukan Target Pasar

Tips pertama untuk memilih media sosial yang tepat untuk bisnis adalah menentukan target pasar Anda. Setiap bisnis harus memiliki target pasar. Target pasar ini penting untuk ditentukan sehingga Anda dapat fokus pada peningkatan penjualan. Sekarang dari target pasar ini maka Anda dapat menentukan media sosial yang tepat untuk bisnis. Misalnya, target pasar adalah kaum muda, sehingga media sosial yang dipilih adalah Instagram, Tumblr, dan YouTube. Sementara itu Anda menargetkan pasar target para intelektual, media sosial yang tepat dipilih adalah Twitter. Sementara itu, jika target pasar bisnis Anda adalah masyarakat umum atau orang-orang di luar kota, maka media sosial yang dipilih adalah Facebook. Sementara bisnis yang memiliki target pasar para profesional, media sosial yang tepat dipilih adalah LinkedIn.

Lihat berdasarkan Jenis atau Kategori Bisnis

Selanjutnya, tips memilih media sosial yang tepat untuk bisnis adalah melihatnya berdasarkan jenis atau kategori bisnis. Seperti misalnya, bisnis Anda dikategorikan secara visual dengan menghadirkan lebih banyak hal yang terlihat atau terlihat, sehingga media sosial yang dipilih adalah Instagram atau Pinterest. Saat Anda menjalankan bisnis yang dikategorikan sebagai editorial dengan menghadirkan kata-kata atau menulis, maka media sosial yang tepat dipilih yaitu Twitter dan Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara bisnis dijalankan dengan mengandalkan konten video, media sosial seperti YouTube, Vine dan Snapchat akan menjadi pilihan yang tepat untuk dipilih.

Bahasan Mendalam di:  Rekomendasi Usaha Online yang menjanjikan

 Kustomisasi Konsep Pemasaran Bisnis

Mungkin Anda menjalankan teknik pemasaran lain selain media sosial yang digunakan sebagai andalan. Nah disinilah Anda yang akan memilih media sosial, bisa menjadikan konsep pemasaran sebagai referensi. Seperti misalnya Anda menjalankan pemasaran dengan media brosur, maka media sosial yang dipilih adalah Instagram atau Facebook. Ini karena dengan Instagram, brosur Anda yang ada dapat dipindai dan ditampilkan di Instagram. Brosur yang informasinya perlu didistribusikan kepada banyak orang, membuat media sosial Facebook dengan pengguna terbanyak di dunia juga layak dipilih. Saat Anda menjalankan konsep pemasaran dari mulut ke mulut, maka Twitter akan menjadi media sosial yang tepat untuk dipilih. Ini karena konsep pemasaran dari mulut ke mulut lebih menekankan kata-kata daripada visual.

Cocokkan dengan rencana atau sasaran bisnis Anda

tips memilih media sosial yang tepat untuk bisnis adalah menyesuaikan dengan rencana atau tujuan bisnis. Tentu saja dalam menjalankan bisnis, Anda memiliki beberapa rencana dan tujuan bisnis. Dari beberapa rencana dan sasaran bisnis ini, Anda dapat membuat panduan untuk memilih media sosial. Seperti misalnya Anda memiliki rencana untuk membuat konten yang viral atau trending topic, maka media sosial Twitter akan menjadi pilihan terbaik. Sementara Anda yang memiliki tujuan atau rencana bisnis meningkatkan popularitas bisnis, Instagram akan menjadi media sosial yang tepat untuk dipilih. Sementara itu media sosial yang tepat dipilih dengan rencana atau tujuan bisnis Anda yang ingin meningkatkan omset adalah Facebook.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa Anda terapkan untuk memilih media sosial yang tepat untuk bisnis. Namun ingat bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan, maka memilih media sosial yang tepat tidaklah cukup. Karena itu setelah Anda memilih media sosial, pastikan Anda mengelolanya dengan serius dan konsisten.

Bahasan Mendalam di:  5 Jenis Wordpress Theme Bisnis yang Paling Cuan

Mari Berbagi